RABU, 17 AGUSTUS 2016

MAUMERE --- Ribuan masyarakat pulau Pemana desa Pemana kecamatan Alok kabupaten Sikka, Rabu (17.8/2016) menghadiri dan turut menyaksikan upucara bendera memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI  yang dilaksanakan di dasar laut.


Masyarakat pulau Pemana tersebut menumpang puluhan kapal motor nelayan berukuran besar dan kecil agar bisa langsung menyaksikan dari atas kapal proses pelaksanaan pengibaran bendera yang dipusatkan di dasar laut  pulau Kambing salah satu pulau terluar di kabupaten Sikka.

Inspektur Upacara, AKBP Ardy S Kbo Ditpolari Polda NTT kepada media di atas kapal usai pengibaran bendera menyatakan, upacara pengibaran bendera di dasar laut ini baru pertama dilaksanakan di provinsi NTT.

Dijelaskan Ardy, pengibaran bendera dilaksanakan pada kedalaman 12 meter di dasar laut. Personil yang terlibat 22 orang yang berasal dari Dit Pol Air Polda NTT, Lanal Maumere, Sikka Dive Community, Capa Resort, Kodim 1603 Sikka dan SAR Maumere.

Ukuran bendera yang dikibarkan kata Ardy memiliki panjang 3 meter dan selama upacara pengibaran bendera tidak ada kendala berarti, arus laut juga tidak terlau kencang.

“Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI dan ini merupakan kegiatan yang baru pertama diadakan di NTT,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini untuk mengungkapkan dan menggugah rasa cinta kepada tanah air Indonesia tercinta. Juga menumbuhkan rasa cinta dan menjaga laut.

Proses pengerekan bendera berlangsung sekitar 5 menit dengan tinggi tiang bendera sekitar 6 meter. Komandan upacara Kapten Laut B.R Purwanto dari Lanal Maumere. Sementara pengibar bendera berasal dari Lanal Maumere,Pola Air Polda NTT dan Sikka Dive Community.

Januarius goleng,Dirketur Capa Resort kepada media usai kegiatan mengatakan,kegiatan ini dilakukan selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 juga menggali potensi pariwisata seiring program-program sebelumnya yang sudah dilaksanakan oleh Capa Resort.

“Ini sebagai upaya untuk mengembangkan wisata laut di pulau Kambing dan Pemana serta Gugus Laut Teluk Maumere,” ungkapnya.

Persiapan yang dilakukan lanjut Januarius, dilakukan selama 2 bulan dengan berkordinasi dengan pihak terkait. Selain itu, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Camat.

“Respon masyarakat sangat luar biasa.Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat serta teman-teman media yang sudah berpartisipasi,” pungkasnya.


Disaksikan Cendana News, kegiatan yang dilaksanakan sekitar pukul 11.00 wita tersebut sangat menarik minat masyarakat. Selain menyaksikan dari ratusan kapal motor,beberapa warga juga ikut menyelam menyaksikan kegiatan tersebut.
[Ebed De Rosary]










Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: