SELASA, 30 AGUSTUS 2016

SOLO --- Momentum hari Raya Idhul Adha yang tinggal setengah bulan lagi, membuat pedagang musiman mulai marak di Solo, Jawa Tengah. Berbagai tempat dan sudut Kota Solo mulai ditempati pedagang hewan qurban musiman. Harga kambing juga mulai merangkak naik, dan diperkirakan pada H-2 Idhul Adha menjadi puncak kenaikan harga hewan qurban.


Salah satu pedagang hewan qurban musiman ini dapat ditemui di jalan Transito, Porwosari, Solo. Di jalan ini sudah ada beberapa pedagang  kambing musiman yang berada di pinggr jalan. Salah satu penjual kambing musiman, Mustaqim, mengatakan, mendekati Idhul Adha ini dirinya sudah menyiapkan 50 ekor kambing siap qurban.

Menurutnya, saat ini harga hewan qurban juga sudah mulai merangkak naik, berkisar Rp 100 ribu per ekor. “Puncaknya nanti kalau sudah mendekati H-3 atau H-2 Hari Raya Qurban, harga hewan akan naik hingga Rp 300 ribu  per ekor” ucap Mustaqim kepada Cendana News, Selasa siang (30/8/2016).


Disebutkan Mustaqim, untuk harga kambing qurban yang dijual dengan kisaran harga antara Rp 1,5 juta hingga Rp 3 juta. Berbagai jenis kambing telah didatangkan khusus dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti kambing jawa, domba, kambing gembel serta kambing jenis etawa. 

“Kalau asal kambing ada yang dari Jatiyoso, Baturetno, Slogohimo, Pracimalyo, hingga Ponorogo ada” jelasnya.  

Menurut Mustaqim, kenaikan hewan qurban salah satunya dipengaruhi oleh pakan untuk hewan qurban. Sebab, semakin mendekati Idhul Adha, biaya untuk pakan semakin bertambah sehingga harga jual juga naik.  Ia juga memberikan kemudahan untuk yang membeli kambing ditempatnya, yakni akan dirawat hingga H-1 dan akan diantar secara gratis. 


“Layanan ini saya berikan agar pembeli tidak usah repot-repot memelihara sampai Hari Raya. Ini akan lebih praktis” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Supardi, penjual kambing asal Klaten ini mulai membawa puluhan kambing yang dibawa dari daerah Boyolali dan Klaten. Dengan berbekal sekitar 80 ekor kambing, di taksir keuntungan berjualan hewan qurban musiman ini mampu mencapai 8 – 12 juta dalam sekali musim. 

“Ini hanya untuk meramaikan pasar saja mas, karena setiap tahun juga sudah berjualan kambing musiman. Untuk nambah untung juga” pungkas Supardi. 
(Harun Alrosid)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: