MINGGU, 28 AGUSTUS 2016

PONOROGO --- Kota Ponorogo yang sering disebut sebagai Kota Reog ternyata memiliki sebuah telaga yang indah dan sejuk dengan nama Telaga Ngebel. Telaga ini dinamakan Telaga Ngebel karena berada di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo.


Telaga Ngebel sendiri memiliki luas kurang lebih 5 Km dengan suhu rata-rata 20-26 Derajat Celcius. Pengunjung yang datang bisa menikmati air yang tenang, hawa yang sejuk sekaligus pemandangan pegunungan sekitar telaga. Harga tiket yang ditawarkan Rp 4 ribu per orang dewasa dan biaya parkir kendaraan Rp 2 ribu per sepeda motor.

Salah satu pengunjung, Bima Tri Wibawa Sakti (18 tahun) menjelaskan meski sudah berkali-kali ke telaga Ngebel dirinya tidak merasa bosan. Karena berhawa sejuk tak jarang telaga ini berkabut tipis semakin menambah sejuk saat berkunjung.

"Biasanya saya datang kesini bersama teman-teman saat akhir pekan," ujarnya saat ditemui Cendana News di lokasi, Minggu (28/8/2016).

Tak hanya menikmati pemandangan saja, pengunjung juga bisa menikmati berbagai menu makanan yang tersedia disepanjang jalan telaga seperti berbagai macam ikan bakar, soto, bakso dan seterusnya. Jika tak ingin makanan berat disini juga tersedia berbagai macam gorengan seperti pisang goreng, ketela goreng, jamur goreng dan seterusnya.


Selain itu juga terdapat wahana air yang dapat digunakan mulai dari perahu, perahu kayuh dan speedboat (perahu bermesin). Harga sewa perahu sebesar Rp 5 ribu namun harus menunggu perahu penuh hingga 10 orang baru kapal berangkat mengelilingi telaga.

"Ada juga speedboat yang bisa disewa dengan harga Rp 50 ribu per perahu," jelas Bima.

Sedangkan perahu kayuh dibanderol dengan harga Rp 15 ribu per perahu. Didekat telaga juga terdapat lapangan yang biasanya digunakan sebagai tempat kemah para siswa.

Tempat wisata milik pemerintah Kabupaten Ponorogo ini memang selalu menarik terutama saat memasuki bulan Suro (kalender bulan Jawa) akan ada pelarungan sesaji yang dihadiri oleh ribuan pengunjung.

Telaga Ngebel mudah dijangkau dengan jalan raya yang mulus sekaligus banyaknya tanda jalan menuju kawasan ini. Dari pusat Ponorogo hanya berjarak 30 KM menuju arah utara. 

"Karena hawanya yang sejuk tempat ini cocok untuk melepas penat," pungkas Bima. 
(Charolin Pebrianti).
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: