SELASA, 23 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Balikpapan Hendrik menuturkan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional yang ditergetkan terealisasi pada 2017 tersebut berbentuk pengembangan perpusatakaan digital atau e-book. Sehingga pembaca mudah mencari buku yang dicari.


"Sebenarnya kerjasama seperti itu sudah kami jalin dengan Perpustakaan Pemprov Kaltim, hanya saja belum tergarap dengan maksimal," katanya di Balikpapan, Selasa (23/8/2016).

Dikatan Hendrik, kerjasama perpustakaan digital terus dijajaki karena dengan upaya itu maka jutaan buku bisa dibuka.

"Yang sudah punya itu DKI saja. Kalau kita miliki bandwidth yang besar, jutaan buku itu bisa kita buka. Sekarang kita belum bisa karena terkendala dana. Mungkin tahun depan bandwith akan kita tambah agar dapat diakses dengan cepat," tandasnya.

Sementara itu, Perpusda Kota Balikpapan memiliki koleksi 32 ribu buku. 29 ribu buku sudah tercatat dengan baik.

"Kita memiliki koleksi 29 sampai 32 ribu buku. Yang tercatat sekitar 29 ribu dari berbagai macam disiplin ilmu," sebutnya.

Adapun jumlah pengunjung Perpusda Kota Balikpapan, Hendrik menambahkan bisa mencapai 1.200 orang, pada akihir pekan, Sabtu dan Minggu. Pengunjung itu terdiri dari masyarakat, pelajar dan mahasiswa.
[Ferry Cahyanti]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: