RABU, 3 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Upaya meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan salah satu lumbung beras di Lampung, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI asal Provinsi Lampung, Al Muzzamil Yusuf menyerahkan bantuan alat alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada 20 kelompok tani melalui bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan.


Al Muzzamil Yusuf menyebutkan, bantuan alat dan mesin pertanian merupakan upaya dari Kementerian Pertanian untuk peningkatan sektor pertanian di wilayah Lampung Selatan. Secara khusus bantuan alat dan mesin pertanian bersumber dari dana Kementerian Pertanian yang merupakan alokasi penggunaan APBN 2016 untuk sektor pertanian.

"Pentingnya sektor pertanian dalam meningkatkan perekonomian petani secara khusus di Lampung terlihat dengan anggaran sektor pertanian yang terus meningkat dari sebelumnya sebesar 16 triliun menjadi 30 triliun rupiah  pada tahun 2016,"ungkap Al Muzzamil Yusuf, Rabu (3/8/2016).

Peningkatan anggaran sektor pertanian tersebut menurut Al Muzzamil merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan sektor pertanian dan upaya swasembada beras untuk ketahanan pangan. Ia berharap dengan adanya bantuan tersebut kelompok tani bisa mempergunakan dengan maksimal. Legislator dari Lampung tersebut mengaku kunjungan ke Lampung dalam masa reses merupakan kesempatan baginya untuk membantu petani dalam upaya peningkatan kesejahteraan salah satunya dengan bantuan alat dan mesin pertanian.

"Pemberian bantuan ini sudah sewajarnya dalam upaya mendorong kemajuan sektor pertanian yang ada di daerah terutama untuk memodernisasi alat pertanian yang berdampak pada produktifitas hasil pertanian terutama beras,"ungkapnya.

Selama ini sebelum upaya modernisasi alat dan mesin pertanian sejumlah petani di Lampung Selatan masih menggunakan alat pengolah sawah tradisional diantaranya menggunakan kerbau dan sapi. Namun semenjak alat pertanian modern digunakan banyak masyarakat petani yang mulai beralih ke mesin pertanian modern dengan sistem pengerjaan lebih cepat.

Berdasarkan data, kelompok tani yang memperoleh alat dan mesin pertanian memperoleh sebanyak 3 unit traktor, 6 unit mesin penanam padi (rice tranplanter), 21 unit mesin pompa air yang digunakan untuk pengairan di wilayah yang susah memperoleh air untuk pertanian. 


Sebanyak 20 kelompok tani yang memperoleh alat dan mesin pertanian diantaranya kelompok tani di Kecamatan Candipuro, Kecamatan Penengahan, Kecamatan Sragi dan Kecamatan Palas yang merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Lampung Selatan.

Selain bagi kelompok tani di Lampung Selatan, Al Muzzamil mengungkapkan bantuan alat dan mesin pertanian juga diberikan kepada kelompok tani di wilayah Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Selatan dan Kotamadya Metro.
[Henk Widi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: