SABTU, 13 AGUSTUS 2016

MANADO --- Puluhan mahasiswa dari sejumlah perwakilan Universitas di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti Sekolah Jurnalistik Lingkungan yang diadakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado di Kampung Bahowo pada Sabtu (13/8/2026).


Ketua Bidang Organisasi AJI Manado, Agus Hari mengatakan, sekolah jurnalistik lingkungan memang sengaja diadakan di Bahowo yang menjadi pusat pembibitan Mangrove di Manado, karena merupakan lokasi yang masuk sebagai salah satu daerah percontohan kawasan eko wisata Mangrove Park. 

Menurut Hari dalam kegiatan ini ada sekitar 30 mahasiswa yang mengikuti sekolah jurnalistik lingkungan dari berbagai kampus dan Universitas di Sulut, dengan berbagai latar pendidikan atau fakultas setiap kampus.

"Mahasiswa yang mengikuti sekolah jurnalistik ini merupakan perwakilan organisasi mahasiswa di kampus yang menjadi pilihan AJI Manado, karena sebagian besar sudah pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dasar di kampus," kata Hari pada Cendana News di Bahowo Sabtu (13/8/2016).


Selain itu hari menambahkan, dalam sekolah jurnalistik para mahasiswa dibekali dengan materi dari sejumlah jurnalis yang tersebar di berbagai media yang tergabung dalam AJI Manado.

"Jadi mahasiswa juga diajak turun lapangan untuk melakukan pengamatan dan observasi ke pusat pembibitan Mangrove Bahowo, yang didampingi oleh NGO Lingkungan Rio Puasa dan Sella dari Manengkel Solidaritas serta Sonny Tadsijawa dari WCS, kemudian diakhir pertemuan para mahasiswa diberikan waktu untuk membuat berita kemudian mempresentasikan di depan mahasiswa lainnya untuk dinilai langsung oleh pengurus AJI Manado,"katanya.
[Ishak Kusrant] 
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: