RABU, 17 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Puluhan siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terpaksa dilarikan ke ambulance dengan tandu oleh petugas medis dari Puskesmas Rawat Inap Penengahan akibat pingsan selama mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-71 di lapangan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan.


Menurut salah satu petugas medis Puskesmas rawat inap Penengahan, Hesty, penyebab puluhan siswa pingsan tersebut terjadi akibat terlalu lama berada di lapangan dengan kondisi panas menyengat. Selain itu sebagian besar siswa sebelum berangkat rata rata belum sarapan sehingga kondisi fisik lemah.

“Kami lakukan pertolongan pertama dengan memberi minum dan pengobatan tahap awal di dalam ambulance dan rata-rata siswa perempuan pingsan akibat belum sarapan rumah” ungkap Hesty saat dikonfirmasi media Cendana News, Rabu (17/8/2016)

Siswa yang pingsan sebagian dipapah oleh petugas Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan petugas medis dari Puskesmas rawat inap Kecamatan Penengahan. Dua unit ambulance dengan sebanyak 10 petugas medis disiapkan sejak pagi untuk mengantisipasi peserta upacara peringatan HUT RI ke-71 di lapangan Kecamatan Penengahan tersebut.


Bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke-71 di lapangan Kecamatan Penengahan Kombespol Dicky Patrianegara selaku Diskrimsus Polda Lampung. Menurut Kombespol Dicky Patrianegara, pelaksanaan upacara di sejumlah wilayah dipimpin oleh pejabat dari Polda Lampung untuk mendekatkan masyarakat dengan POLRI.

“Kita melakukan upacara bersama masyarakat di sejumlah wilayah hukum Polda Lampung untuk melaksanakan perintah Kapolda polisi ada di mana mana termasuk dalam kegiatan HUT RI” ungkap Kombespol Dicky.

Pelaksanaan HUT RI ke-72 yang diikuti oleh seluruh organisasi massa, lembaga swadaya masyarakat, kepala desa, seluruh siswa sekolah dari tingkat SD hingga SMA juga diikuti oleh pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah Kecamatan Penengahan. Namun disayangkan sebagian PNS yang datang terlambat memilih berteduh di sekitar kantor kecamatan Penengahan dan memilih tidak mengikuti upacara HUT RI ke-71.


Seusai pelaksanaan HUT RI Kecamatan Penengahan juga sekaligus mengumumkan berbagai lomba lomba yang dilakukan sebelum peringatan puncak HUT RI ke-71 diantaranya lomba kebersihan lingkungan, lomba olahraga sepakbola, olahraga bola volley, serta berbagai perlombaan lain yang diserahkan langsung oleh Diskrimsus Polda Lampung.

Selain itu Kombespol Dicky Patrianegara juga menyerahkan bola volley dan net kepada sejumlah karangtaruna yang ada di desa di Kecamatan Penengahan untuk digunakan sebagai sarana kegiatan olahraga di setiap desa.

“Pemberian bola dan net agar bisa digunakan untuk kegiatan olahraga yang positif dan agar masyarakat bisa melakukan aktifitas yang bermanfaat di lingkungan masing masing,” ungkap Kombespol Dicky Patrianegara.

Selain penyerahan hadiah setelah upacara HUT RI di sekitar kecamatan juga dilakukan kegiatan perlombaan puncak dengan hadiah cukup menarik diantaranya perlombaan panjat pinang,lomba gebuk bantal serta berbagai perlombaan memeriahkan HUT RI ke-71.

Pantauan Cendana News peringatan HUT RI juga dilakukan di lapangan Raden Inten II Kalianda yang diikuti oleh ribuan peserta upacara dan juga disertai dengan berbagai kegiatan diantaranya penampilan kesenian tradisional serta penampilan drama peperangan lima jam di kota Kalianda.(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: