RABU, 10 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Bencana angin puting beliung yang terjadi menjelang tengah malam pada hari Selasa, (9/8/2016) menghancurkan sebanyak 42 rumah warga dan dua unit bangunan sekolah SDN 2 Bandar Agung Dusun Kuala Jaya Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Dari puluhan rumah warga yang mengalami terjangan angin puting beliung tersebut rata rata mengalami rusak ringan dan rusak berat dengan kondisi diantara rumah warga tersebut rata dengan tanah.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan M.Darwawan langsung mengerahkan personil BPBD ke lokasi perumahan warga yang berada di dekat areal tambak dan tepi Sungai Way Sekampung tersebut. Ia mengungkapkan personilnya segera mendata jumlah warga yang terkena bencana angin puting beliung tersebut.

“Saat kami mendengar laporan adanya bencana angin puting beliung seluruh personil BPBD khususnya yang ada di kecamatan terdekat diantaranya Kecamatan Ketapang segera mendatangi lokasi” ungkap kepala BPBD Kabupaten Lampung Selatan, M. Darmawan saat dikonfirmasi media Cendana News di lokasi bencana angin puting beliung, Rabu (10/8/2016)

Ia mengungkapkan berdasarkan pendataan hingga saat ini sebanyak 2 rumah warga mengalami kerusakan cukup berat bahkan rata dengan tanah diantaranya rumah Sakam (40), Rubangi (50) kerusakan parah terutama terjadi akibat bangunan terbuat dari papan dan atap dari asbes. Sementara rumah warga yang mengalami kerusakan ringan sebanyak 40 rumah warga yang rata rata mengalami kerusakan pada bagian atap yang beterbangan.


Sebagian warga bahkan tertimpa bagian bangunan yang terjatuh diantaranya mengalami luka ringan diantaranya Sakam (40), Maskin (45) dan segera diobati oleh warga lain. Meski tidak banyak warga yang mengalami luka luka akibat bencana tersebut kerugian warga rata rata akibat rumah yang rusak dan sebagian perabotan rumah tangga hilang karena tersapu angin bahkan sebagian hilang di areal tambak.

Selain melakukan pendataan terhadap jumlah rumah warga yang rusak,pihak BPBD Kabupaten Lampung berkoordinasi dengan UPT Dinas Pekerjaan Umum, UPT Dinas Pendidikan melakukan pendataan dampak finansial akibat kerusakan paska bencana angin puting beliung.

Darmawan mengungkapkan langkah lanjutan dari pihak BPBD Lampung Selatan diantaranya akan mendirikan posko bencana diantaranya mendirikan dapur umum untuk menyediakan konsumsi bagi masyarakat yang sebagian besar rumah hancur berantakan.

“Personil dari pihak pihak terkait diantaranya BPBD serta tim siaga bencana dan Basarnas Lampung akan segera mendirikan posko menggunakan tenda untuk penanganan lanjutan paska bencana puting beliung” ungkap Darmawan.

Pantauan media Cendana News beberapa petugas dari PLN sudah mulai memperbaiki instalasi listrik di rumah warga yang rusak. Selain dari pihak PLN aparat desa berkoordinasi dengan pihak BPBD Lampung Selatan,anggota TNI dan Polisi mulai membantu warga untuk memperbaiki rumah yang rusak ringan.

Berdasarkan informasi dari tim BPBD Lampung Selatan berikut rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana alam angin puting beliung:

Warga yang mengalami kerusakan rumah berat dan bangunan sekolah :

1. Sakam (40)
2. Rubangi (50)
3. Bangunan SDN 2 Bandar.    Agung

Bangunan rusak berat diantaranya rumah roboh rata dengan tanah akibat kerusakan seluruh bangunan rumah termasuk sekolah.

Warga yang Mengalami Kerusakan Rumah Ringan:

1. Saripudin (60)
2. Sanusi (40)
3. Marjuki (45)
4. Pangkalan Nusi
5. Mohktar
6. Alm. Muhtar
7. Mukhlis
8. Rojahi
9. Yunus
10. Salkah
11. Mulyadi
12. Maskin
13. Sarman
14. Narki
15. Jamsari
16. Pangkalan Maskin
17. M. Nur
18. Mukhlis
19. Suryaman
20. Bahri
21. Muhktar
22. Mapak
23. Rusmin
24. Kasir
25. Bu Hemi
26. Muhila
27. Amri
28. Amran
29. Alm. Muhtar
30. Ismail
31. Makelik
32. Sarlini
33. Nirmun
34. Lekni
35. Rapei
36. Kamid
37. H. Zainudin

Sebagian rumah warga yang mengalami kerusakan ringan diantaranya rusak pada bagian atap, dinding, perabotan rumah tangga serta instalasi listrik serta kerusakan lain.(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: