MINGGU, 21 AGUSTUS 2016

LHOKSEUMAWE --- Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk mengisi hari Kemerderkaan Republik Indonesia. Salah satunya adalah dengan cara mendongeng seperti yang dilakukan oleh sejumlah anak muda di sebuah Sekolah Dasar di Aceh Utara, Aceh.


Kepada Cendana News, Intan Hayyu, anggota Komunitas Relawan Pendidikan Tanah Rencong (R-Pintar) Aceh mengatakan, mendongeng menjadi bagian dari kegiatan mereka mengisi kemedekaan. tema dongeng, katanya juga tak jauh-jauh dari kemerdekaan.

“Mungkin ini menjadi salah satu cara kami mengisi HUT ke 71 RI. Kami mendongeng untuk murid-murid SD, ada yang mendongeng tentang kepemimpinan, persahabatan, dan juga beberapa lainnya, tak ada tema khusus tapi berkaitan dengan kemerdekaan,” katanya.

Intan pun mengaku senang bisa mengisi perayaan HUT RI dengan mendongeng untuk anak-anak Sekolah Dasar. Katanya, ada energi positif yang membuat ia dan kawan-kawan semangat dalam mengisi kemerdekaan dengan mendongeng.

“Ada perasaan gembira, senang, yang tidak bisa saya ungkapkan dengan kata-kata. Terutama bagaimana ketika melihat anak-anak itu senang dengan dongeng yang kita bawakan. Kemudian bagaimana pesan-pesan yang kita sampaikan lewat dongeng itu mampu diserap dengan baik oleh mereka,” kata Intan.

Terutama kata dia, saat ia menceritakan dongeng tentang persahabatan dan mengaitkannya dengan persahabatan Soekarno dan Hatta. Katanya, siswa SD tersebut sangat tertarik mendengarkan kisah persahabatan para pendiri bangsa tersebut.


Selain itu Intan menambahkan, leat dongeng tersebut, mereka mengajarkan anak-anak tersebut tentang kebersamaan dan juga menghargai perbedaan. Karenanya, menghargai perbedaaan menjadi suatu hal yang sangat penting diajarkan sejak kecil untuk anak-anak.

“Kita berharap, pesan-pesan yang direkam lewat mendongeng yang kita bawakan tersebut menjadi ingatan kuat bagi mereka, hingga mereka dewasa nantinya. Terutama dalam hal bagaimana anak-anak ini nantinya bisa menghargai perbedaan,” pungkas Intan.
[Zulfikar Husein]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: