MINGGU, 21 AGUSTUS 2016

SUMENEP --- Ratusan monyet liar yang berada di atas bukit Desa Basoka Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mulai turun dan menyerang tanaman warga. Petani harus bekerja ekstra menjaga tanamannya agar tidak dirusak kawanan monyet tersebut, sebab jika dibiarkan tanaman garapannya akan rusak hingga menyebabkan gagal panen.


Kawanan monyet memang sering turun ke lahan milik petani untuk memakan tanaman yang telah hampir panen, hal itu disebabkan minimnya ketersediaan makanan yang ada di dalam hutan. Petani yang memiliki lahan disekitar perbukitan desa setempat mulai resah, ketika lengah dan tidak dijaga, tanaman yang ada di lahan ludes dimakan monyet liar tersebut.

“Saat ini kawanan monyet kembali turun ke lahan-lahan petani yang ada di desa ini, sehingga setiap hari harus dijaga, karena jika lengah dalam waktu sebentar tanaman akan habis dimakan. Ketika monyet-monyet liar turun ke lahan para petani mulai resah, sebab banyak tanaman mesti dirusak oleh monyet itu,” kata Amrullah, salah seorang petani di Desa Basoka, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Minggu (21/8/2016).

Disebutkan, kawanan monyet yang turun ke lahan petani berjumlah cukup banyak, akibatnya mereka merasa kerepotan untuk mengusirnya. Keterbatasan alat yang mereka gunakan tidak membuat monyet ketakutan. Bahkan monyet tersebut tidak kunjung kembali ke bukit yang biasa ditempati, tetapi hanya bersembunyi disekitar lahan yang banyak tanamannya.

“Jadi kalau pemilik lahan ini lengah, kawanan monyet yang berjumlah banyak itu langsung menyerang untuk memakan tanaman. Apabila tidak dijaga bisa habis tanaman yang sudah hampir panen ini, makanya petani seharian tidak pulang di sawah untuk menjaga monyet,” jelasnya.


Sedangkan tanaman yang tidak di sukai oleh kawanan monyet liar, seperti bawang merah, hanya dirusak dengan cara dicabut hingga menyebakan tanaman tersebut mati. Sebelumnya serangan monyet di desa itu juga terjadi sejak bulan Maret 2016 lalu, akibatnya hektaran tanaman petani ludes di makan dan gagal panen.
[M. Fahrul]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: