KAMIS, 18 AGUSTUS 2016

LHOKSEUMAWE --- Ratusan pelajar mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), ikut meriahkan pawai karnaval di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (18/8/2016). Pawai digelar dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.


Berdasarkan pantauan Cendana News, pawai yang memeragakan berbagai kebudayaan Indonesia tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Peserta karnaval berkumpul di Lapangan Hiraq, kemudian sekitar pukul 9.30 WIB, peserta karnaval dilepaskan oleh Walikota Suaidi Yahya.

Dibarisan depan, dimulai oleh murid TK yang menggunakan mobil bak terbuka. Kemudian diikuti iring-iringan siswa SD, SMP, dan SMA yang berjalan kaki. Dari Lapangan Hiraq, pawai karnaval kemudian mengelilingi sejumlah ruas jalan lalu berakhir kembali di lokasi semula.

Ratusan peserta yang mewakili masing-masing sekolah yang ada di Lhokseumawe tersebut memeragakan berbagai jenis busana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, para peserta juga menggunakan seragam profesi dari berbagai pekerjaan, seperti dokter, guru, hingga atlet olah raga.

Selain itu, beragam kendaraan hiasan dan pelajar yang memainkan drumband juga ikut memeriahkan karnaval. Ribuan masyarakat juga terlihat memadati tiap ruas jalan yang dilewati peserta pawai. Masyarakat sangat antusias mengikuti pawai karnaval yang digelar setahun sekali tersebut.

“Setiap peserta akan dinilai oleh dewan juri, nantinya peserta yang memperoleh nilai tertinggi dari para juri akan menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah,” ujar Walikota Lhokseumawe, Suaidi Yahya, usai melepas peserta karnaval.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: