SABTU, 27 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Ratusan anggota pramuka berbagai tingkat dari berbagai gugus depan (Gudep) di wilayah  kwartir ranting Penengahan mengikuti kegiatan lomba tingkat II-2016 di lapangan Dusun Banyuurip Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan.


Ketua panitia Yus Karyanto mengungkapkan lomba tingkat kwartir ranting (Kwaran) merupakan kegiatan tahunan sekaligus puncak hari ulang tahun Pramuka ke-55 yang secara khusus dirayakan oleh seluruh anggota pramuka di Kecamatan Penengahan. Kegiatan lomba tingkat II yang dikuti oleh berbagai gugus depan tersebut menurut Yus Karyanto sengaja diselenggarakan di lapangan Desa Banyuurip yang memiliki sarana memadai.

Menurut Yus Karyanto sekaligus waka I Bina Muda kegiatan lomba tinglat dibuka oleh Kepala Kwartir cabang Pramuka Lampung Selatan, Sukadi, dan saat apel besar akan dipimpin oleh Kamabicab yang juga bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Kegiatan pramuka berupa perkemahan di areal terbuka akan dilakukan selama tiga hari dengan beragam kegiatan perlombaan pramuka bagi seluruh peserta yang terlibat. 


“Kita siapkan kegiatan lomba tingkat II untuk persiapan untuk mengikuti lomba tingkat III yang akan dilakukan ditingkat kabupaten yang akan diselenggarakan pada bulan depan bagi peserta yang lolos seleksi” ungkap Yus Karyanto saat dikonfirmasi media Cendana News di lapangan Banyuurip,Sabtu (27/8/2016)

Ia menegaskan total peserta yang terlibat dalam kegiatan lomba tingkat II tersebut berdasarkan data panitia mencapai sebanyak 800 anggota pramuka putra-putri dari tingkat siaga, penggalang hingga tingkat pandega sementara tingkat penegak yang diperbantukan sebagai panitia pelaksanaan kegiatan.

Peserta sebanyak itu menurut Yus yang merupakan anggota Koramil 03/Penengahan diikuti oleh sekitaar 37 sekolah di seluruh Kecamatan Penengahan diantaranya sekolah tingkat SD/MI/MTS yang rata-rata mengirimkan dua regu pramuka putra dan putri. Selain kegiatan tahunan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang kepramukaan kegiatan tersebut menjadi sarana melatih anggota pramuka untuk hidup mandiri.

Beberapa kegiatan lomba yang diikuti oleh para anggota pramuka diantaranya sebanyak puluhan perlombaan meliputi lomba pionering (praktek pembuatan tali temali dan pembuatan tower), lomba pasukan baris-berbaris, pentas seni, kegiatan kerohanian diantaranya lomba adzan, tilawat, cerdas cermat, hiking, kerapihan tenda dan serta kegiatan lain diantaranya kegiatan lintas alam menyusuri sungai dengan menggunakan tanda-tanda jejak.


“Setiap gugus depan harus mengikuti semua perlombaan yang diselenggarakan untuk mengetahui tingkat penyerapan ilmu yang sudah diajarkan di masing masing gugus depan” ungkap Yus yang juga pembina Saka Wirakartika tersebut.

Pantauan media Cendana News selain ratusan tenda pramuka dalam kegiatan lomba tingkat II-2016 juga disiapkan tiga unit tenda dome yang merupakan bantuan dari kwartir daerah Lampung dan akan digunakan sebagai tenda panitia.

Selain kegiatan lomba tingkat II tersebut kegiatan Pramuka juga akan diisi dengan rangkaian kegiatan pelantikan pramuka garuda dari tingkat siaga, penggalang dan penegak. Selain itu lomba tingkat II menjadi kegiatan untuk menghidupkan beberapa satuan pramuka (saka) yang ada di kwarcab Lampung Selatan diantaranya saka husada dan beberapa saka lain yang diikuti oleh anggota pramuka.

Selama tiga hari kegiatan lomba tingkat II tersebut panitia kegiatan yang sebagian merupakan ketua gugus depan juga melibatkan Puskesmas rawat inap Penengahan. Sebab selama kegiatan berlangsung telah disiapkan ambulan khusus untuk mengantisipasi peserta yang mengalami gangguan kesehatan.
(Henk Widi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: