SELASA, 16 AGUSTUS 2016

MATARAM --- Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali dideportasi dari sejumlah negara tujuan seperti Arab Saudi, Malaysia dan sejumlah negara Timur Tengah lain.


"Tadi subuh, ada 84 TKI berstatus ilegal yang dipulangkan, setelah sebelumnya, tanggal 1 Agustus 2016 juga terdapat 62 orang TKI ilegal juga dipulangkan, karena tersangkut berbagai kasus hukum" kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB, Zainal di Mataram, Selasa (16/8/2016).

Sehingga dengan demikian, selama bulan Agustus saja, TKI ilegal asal NTB yang dideportasi selama bulan Agustus saja mencapai 146 orang yang terdiri dari laki-laki dan perempuan

Dikatakan, ratusan TKI ilegal asal NTB yang dideportasi tersebut, sebagian besar persoalannya selalu sama, yaitu terkait kelengkapan dokumen, over stay, masalah gaji yang tidak sesuai, termasuk beberapa di antaranya masalah kriminal.

"TKI yang bekerja dengan negara tujuan Malaysia sampai sekarang masih mendominasi dideportasi" terangnya.

Ditambahkan, berdasarkan data Disnakertrans NTB, selama 2016 saja, terhitung sejak Januari 2016 sampai bulan Agustus ini, jumlah keseluruhan TKI asal NTB yang dideportasi mencapai 1637 orang.(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: