JAKARTA, RABU 17 AGUSTUS 2016

JAKARTA --- Beberapa saat yang lalu baru saja selesai dilaksanakan rangkaian upacara bendera dalam rangka memperingati Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71, dimana dari tahun ke tahun peringatan upacara 17 Agustus secara nasional selalu dipusatkan di kawasan Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.


Pantauan Cendana News langsung dari sekitar kawasan Istana Negara, pelaksanaan upacara dimulai tepat pada pukul 10:00 WIB yang dipimpin secara langsung oleh inspektur upacara Ir. H. Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Berdasarkan informasi yang diterima Cendana News, total undangan dan peserta upacara yang hadir mengikuti rangkaian upacara sekitar 5.000 orang.

Meskipun tidak bisa memasuki kompleks Istana Negara, namun ratusan warga masyarakat Ibukota Jakarta dan sekitarnya tampak terlihat antusias menyaksikan rangkaian upacara dari depan halaman Istana Negara. Untuk memudahkan warga masyarakat yang ingin menonton, maka pihak panitia sebelumnya telah memasang layar raksasa di depan Istana Negara.


Meski cuaca sangat panas, namun hal tersebut rupanya tidak menghalangi warga masyarakat untuk  tetap antusias datang dan menyaksikan secara langsung rangkaian upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71. Mereka datang berbondong-bondong mengajak teman, saudara dan keluarga mereka masing-masing.

Hendro Wibowo, warga Ibukota Jakarta mengatakan "baru tahun ini melihat secara langsung upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71, saya sengaja mengajak semua anggota keluarga untuk menyaksikan dari dekat seperti apa jalannya upacara yang cuman diadakan sekali dalam satu tahun tersebut" katanya saat ditemui Cendana News, Rabu siang (17/8/2016).


"Meski tidak bisa masuk ke dalam kompleks Istana Negara, namun tampaknya warga masyarakat Ibukota Jakarta sudah cukup puas dengan disediakannya layar raksasa, sehingga kita bisa menyaksikan rangkaian upacara secara langsung dengan leluasa, tanpa perlu repot-repot mendekati pagar Istana Negara" katanya kepada Cendana News, Rabu siang (17/8/2016).

Sementara itu, ribuan aparat keamanan gabungan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 71, antara lain dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: