RABU, 17 AGUSTUS 2016

ACEH --- Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung khidmat di Lhokseumawe, Aceh, Rabu (17/8/2016). Ribuan masyarakat ikut terlibat dan larut dalam mengenang detik-detik Indonesia menjadi negara yang merdeka lepas dari tanga penjajah.


Pantauan Cendana News, upacara pengibaran bendera di Lhokseumawe, dimulai pada pukul 09.30 WIB. Peserta upacara terdiri dari siswa, Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri, serta sejumlah organisasi kepemudaan. Upacara dipimpin langsung oleh Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya.

Meski dimulai pada pukul 09.30 WIB, namun Lapangan Hiraq, yang dijadikan lokasi upacara sudah dipenuhi peserta upacara sejak pukul 07.00 WIB. Selain peserta, ribuan masyarakat juga tampak hadir dan melihat proses jalannya pengibaran bendera.

Warga terlihat sangat antusias menyaksikan proses pengibaran bendera yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Sementara itu, kondisi cuaca yang begitu terik sama sekali tidak menyurutkan semangat warga untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Erni, salah seorang warga, kepada Cendana News, mengatakan, salah satu yang ingin dilihat ketika upacara hari kemerdekaan adalah pasukan pengibar bendera. 

“(Paskibraka) itu yang ingin kita lihat, waktu mereka mau mengibarkan bendera kita merasa deg-degan, berhasil apa nggak ya,” katanya.

Selain peserta, puluhan aparat keamanan gabungan juga dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan upacara. sejumlah ruas jalan juga sempat dialihkan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Lhokseumawe dan Dinas Perhubungan Lhokseumawe demi kelancaran upacara.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: