SENIN, 15 AGUSTUS 2016

SOLO --- Beragam cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke 71 ini. Salah satunya yang dilakukan puluhan siswa SMK di Sukoharjo, Jawa Tengah, dengan membentangkan bendera sang saka merah putih raksasa. 


Aksi puluhan siswa SMA Veteran 1 Sukoharjo di Bundaran Kota Sukoharjo ini tergolong unik, karena membentangkan kain merah putih dengan panjang 16 meter dan lebar 12 meter. Dengan berjalan beriringan, siswa yang membawa kain berwarna putih dan sebagian membawa warna merah, kemudian disatukan dan dijahit oleh  penjahit keliling yang kebetulan sengaja didatangkan. 

“Aksi yang dilakukan ini tak lain untuk merajut sang saka merah putih, menjadikan satu hingga menjadi bendera kebangsaan kita, Indonesia,” ujar Heru Haryadi, Kepala Sekolah SMK 1 Veteran Sukoharjo, Senin (15/8/16). 


Yang manarik dalam ini, prosesi menjahit bendera raksasa itu diiringi dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Suasana khusuk serta haru menyelimuti aksi yang mengenang Fatmawati, sebagai ibu negara pertama yang menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan sebagai penandan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. 

“Melalui aksi ini kita seakan-akan dibawa pada masa Ibu Fatmawati dulu, dimana Ia menjahit bendera merah putih untuk pertama kalinya untuk selanjutnya dikibarkan,” terangnya. 

Pesan yang ingin disampaikan dalam aksi ini adalah para siswa dan guru dapat menghayati perjuangan dan kegigihan para pejuang dalam menggapai cita cita, hingga Indonesia merdeka. 

“Kita sebagai generasi penerus harus benar-benar memahani bagaimana perjuangan keras para pendahulu kita. Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme ini yang harus kita warisi untuk mengisi kemerdekaan,” imbuhnya. 


Sementara itu, salah satu siswa Vanesa mengaku banyak hal yang harus dilakukan generasi penerus bangsa untuk kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah dengan terus menuntut ilmu agar dapat meneruskan cita-cita pahlawan untuk kemajuan Indonesia. 

“Menurut saya banyak cara dapat dilakukan untuk memaknai semangat kemerdekaan ini. Salah satunya dengan belajar dan terus belajar agar pintar dan dapat memajukan bangsa Indonesia,” pungkas Vanesa. (Harun Alrosid)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: