SELASA, 30 AGUSTUS 2016

BALIKPAPAN --- Untuk merevitalisasi Pemerintah Kota Balikpapan berupaya menjadikan pasar Pandan Sari menjadi pasar sejahtera. Pencanangan pasar Pandansari sebagai pasar sehat, hijau, bersih dan terawat (SEJAHTERA) merupakan kerjasama Pemkot Balikpapan dengan Yayasan Danamon Peduli melalui kampanye nasional bertajuk jelajah pasar rakyat.


Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengatakan, banyak aspek yang harus dibenahi menjadi pasar Pandan Sari sejahtera. Perlu proses yang lama karena mengubah budaya dan perilaku komunitas yang ada di sebuah pasar termasuk Pasar Pandan Sari tidaklah mudah.

"Memang tidak mudah menciptakan itu. Perlu waktu dan pemahaman bersama terutama pelaku pasar itu sendiri. Kita harapkan program ini memberikan mereka pengetahuan dan pemahaman," terangnya Selasa, (30/8/2016).

Rizal menjelaskan, bentuk dukungan fisik yang diberikan dari kerjasama ini yakni pembangunan instalasi pembuangan air limbah, pemberian gerobak motor sampah dan pemberian alat pemadam api ringan (APAR).

"Pembangunan non fisik sendiri berupa peningkatan kapasitas komunitas pasar dengan melakukan pelatihan mitigasi bencana, pengelolaan keuangan usaha dan keluarga, pelatihan kader dan keselamatan kerja serta kegiatan festival pasar rakyat yang menampilkan 40 stan jajanan," sebutnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Restu Pratiwi mengatakan, dukungan pemerintah daerah sangat penting untuk menuju pasar rakyat yang memenuhi syarat sesuai dengan standar nasional Indonesia atau SNI. Mengingat pasar rakyat adalah urat nadi ekonomi masyarakat, saat ini, mulai terhimpit dengan banyaknya pasar modern.
[Ferry Cahyanti]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: