KAMIS, 18 AGUSTUS 2016

LHOKSEUMAWE --- Ribuan warga di Lhokseumawe, Aceh, hari ini, Kamis (18/8/2016), turun ke jalan dan memadati sejumlah ruas jalan di kota tersebut. Bukan mau berdemo, namun warga tersebut ingin menyaksikan kemeriahan pawai karnaval yang digelar setiap tahun dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indoenesia (HUT RI).


Tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, pawai karnaval untuk memeriahkan HUT RI ke 71 kali ini juga diikuti oleh ratusan pelajar yang mewakili sekolah-sekolah yang ada di Lhokseumawe. Seperti biasa, para pelajar menampilkan berbagai jenis pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain pakaian adat, juga terdapat peserta yang menggunakan seragam Polri, TNI, Dokter, Guru, hingga atlet olahraga. Tak hanya itu, sejumlah kendaraan hias seperti tank, pesawat jet, dan beberapa hiasan lainnya juga ikut memeriahkan pawai.

“Kami sangat suka melihat karnaval seperti ini, seru, lucu, apalagi pesertanya memakai bermaca-macam baju adat,” ujar Dila, salah seorang warga Lhokseumawe, kepada Cendana News, yang ikut menyaksikan pawai karnaval.

Menurut Dila, pawai tersebut bisa menjadi salah satu ajang untuk belajar mengetahui beragam budaya dari berbagai daerah di Indonesia. 

“Jadi kita bisa tahun berbagai macam baju adat daerah lain dengan digunakan sama peserta pawai ini,” katanya.

Antusiasme juga ditunjukkan oleh Elvida. Katanya, hampir setiap tahun ia selalu menonton pawai festival yang digelar Pemerintah Kota Lhokseumawe. 

“Setiap tahun nonton, tahun ini malah anak saya yang SD ikut jadi peserta,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, ratusan pelajar mulai dari Taman  Kanak-kana (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), ikut meriahkan pawai karnaval di Lhokseumawe, Aceh, Kamis (18/8/2016). Pawai digelar dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71.

Berdasarkan pantauan Cendana News, pawai yang memeragakan berbagai kebudayaan Indonesia tersebut dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Peserta karnaval berkumpul di Lapangan Hiraq, kemudian sekitar pukul 9.30 WIB, peserta karnaval dilepaskan oleh Walikota Suaidi Yahya.(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: