SELASA, 16 AGUSTUS 2016

LAMPUNG --- Ribuan warga Kalianda yang merupakan ibukota Kabupaten Lampung Selatan antusias menyaksikan pawai obor yang dilakukan oleh berbagai elemen dan lembaga yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, meliputi pelajar, mahasiswa, organisasi kemasyarakatan serta partisipan.


Pawai obor dimulai sejak pukul 19:00 WIB dari depan kantor bupati Lampung Selatan dan dilepas oleh Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan dan dilanjutkan dengan long march melalui jalan jalan protokol di kota Kalianda seperti melewati kantor Polres Lampung Selatan, pasar Kalianda dan jalur jalan yang telah ditetapkan hingga berakhir di lapangan Cipta Karya Lampung Selatan.

Kapolsek Kalianda, AKP Heti Herawati bahkan turun langsung mengatur arus lalu lintas yang sempat macet selama hampir satu jam akibat jalan protokol digunakan ribuan masyarakat Kalianda yang antusias mengikuti pawai obor tersebut. Seluruh peserta parade menempuh jarak sekitar 4 kilometer dengan melewati rute yang dijaga ketat oleh petugas keamanan.

“Kita berkoordinasi dengan dinas perhubungan serta anggota Polsek, Polres untuk mengamankan pawai obor yang dilakukan untuk memeriahkan HUT ke-71 RI oleh berbagai elemen, “ungkap AKP Hesti Patmawati saat ditemui di dekat tugu Adipura Kalianda, Selasa malam (16/8/2016).

Pengamanan proses pawai obor tersebut menurut Hesti dilakukan di sepanjang jalur yang dilalui oleh ribuan peserta pawai obor. Selain itu personil gabungan dari Satpol PP, polisi serta anggota Dishub Lampung Selatan. Pengamanan terutama difokuskan pada titik titik pertemuan perempatan jalan serta gang untuk menghindari masyarakat pengguna jalan raya memasuki jalur yang dikhususkan untuk peserta pawai obor.

Pawai obor yang dilakukan setiap malam menjelang HUT RI tersebut berdasarkan pantauan Cendana News terlihat ditunggu oleh masyarakat Kalianda yang telah menunggu di sepanjang tepi jalan untuk menyaksikan pawai obor tersebut. Pawai obor cukup meriah karena sebagian besar peserta membawa obor terbuat dari bambu, bendera Merah Putih, bendera organisasi peserta serta sebagian anggota drum band melakukan parade dengan tabuhan drumband.

Parade pawai obor yang diikuti ribuan peserta tersebut diawali oleh ratusan personil  TNI dari Kodim 0421/LS selanjutnya  personil Polres Lampung Selatan diikuti oleh personil satuan polisi pamong praja, Dinas Perhubungan dan selanjutnya ribuan peserta pawai dari berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan pawai obor tersebut merupakan kegiatan rutin Pemda Lampung Selatan dalam rangka memeriahkan dan mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada di kota Kalianda memeriahkan peringatan HUT RI. Setelah melakukan pawai obor kegiatan rutin tersebut akan dilanjutkan dengan kegiatan renungan malam dan tabur bunga yang dilakukan oleh personil TNI dari Kodim 0421/LS di makam pahlawan Kalianda.


Mengantisipasi hal hal tak diinginkan pawai obor tersebut juga disiagakan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Selatan untuk menghibdari jilatan api yang bisa membakar dari obor para peserta, ambulance untuk mengantisipasi jika ada peserta yang tidak kuat berjalan kaki dalam kegiatan pawai obor tersebut.
[Henk Widi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: