RABU, 3 AGUSTUS 2016

JAKARTA --- Rencananya Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan lanjutan kesepuluh terkait kasus perkara "racun kopi sianida" dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso akan menghadirkan seorang saksi dari anggota kepolisian Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang bernama Nugroho.

Slamet Purnomo (baju putih), dokter forensik sedang duduk di kursi saat bersaksi di persidangan
Namun setelah ditunggu-tunggu hingga persidangan akan dimulai, Nugroho ternyata berhalangan hadir alias tidak bisa datang dengan alasan sakit. Padahal menurut JPU kesaksian dan keterangan Nugroho dalam persidangan lanjutan Jessica tersebut sangat penting.

Pihak JPU beralasan untuk menghadirkan Nugroho, karena yang bersangkutan adalah orang yang sempat menuangkan kopi Vietnamese Ice Coffe yang sempat sebelumnya sempat diminum orlh korban I Wayan Mirna Salihin dengan kopi pembanding dari gelas ke dalam botol untuk kepentingan penyelidikan saat berada di Kafe Olivier, Jakarta Pusat.

Akhirnya JPU menghadirkan saksi berikutnya, yaitu Slamet Purnomo, yang belakangan diketahui sebagai seorang dokter ahli forensik yang sempat mengotopsi jenazah I Wayan Mirna Salihin. Wayan Mirna sebelumnya diketahui meninggal dunia tak lama setelah sempat meminum Vietnamese Ice Coffe di Kafe Olivier, Grand Indonesia Mall, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (6/1/2016).

Berdasarkan hasil otopsi jenazah Wayan Mirna dan hasil pemeriksaan intensif yang dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, pihak kepolisian menyimpulkan bahwa ada dugaan temuan kandungan racun sejenis sianida pada tubuh Wayan Mirna dan juga ada sianida yang terdapat dalam minuman Vietnamese Ice Coffe yang sempat diminum Wayan Mirna.

Dalam hasil pengembangan penyelidikan polisi, akhirnya pihak Direktorat Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka tunggal dalam kematian Wayan Mirna. Alasannya  Jessica yang mengajak Wayan Mirna janjian ngopi bareng di Kafe Olivier kemudian Jessicca juga yang memesan Vietnamese Ice Coffe satu jam sebelum kedatangan Wayan Mirna bersama seorang sahabatnya yaitu Hani Juwita Boon.

Kisworo S.H., Ketua Majelis Hakim yang memimpin jalannya persidangan    Jessica di PN Jakarta pusat mengatakan "saksi dari anggota kepolisian Polsek Tanah Abang, Jakarta Pusat, bernama Nugroho sedang sakit, sehingga tidak bisa memberikan kesaksian dalam persidangan hari ini, selanjutnya JPU bisa menghadirkan saksi berikutnya, yaitu Slamet Purnomo, seorang dokter ahli forensik yang sempat melakukan pemeriksaan otopsi terhadap jenazah I Wayan Mirna Salihin" katanya, sesaat sebelum persidangan dimulai, Rabu siang (3/8/2016).(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: