MINGGU, 14 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Bendera merah putih raksasa berukuran 17 x 8 meter dibentangkan, di Gunung Batu Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/8/2016). Hal ini dilakukan masyarakat sekitar dalam rangka menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), 17 Agustus 2016 mendatang.


Adapun yang ikut serta yakni Karang Taruna, Paskibraka dari SMA dan SMK, Kabuyutan Lembang, Komunitas Panjat Tebing dan Aparat kewilayahan.

"Persiapan kami hanya selama dua minggu, ini tahun pertama kami membentangkan bendera di sini," ujar Ketua Karang Taruna Kecamatan Lembang, Dede Wahyudin.

Menurutnya, pembentangan bendera tersebut adalah simbol bagi masyarakat untuk ikut melestarikan gunung dengan ketinggian 1.228 mdpl tersebut. Diketahui, Gunung Batu merupakan salah satu bagian Patahan Lembang yang memiliki retakan 22 kilometer.

Menurutnya, loksasi ini kini banyak dikunjungi masyarakat. Karena itu ia berharap ekosistem alam di Gunung Batu tetap terpelihara. Dikatakan, tak hanya membentangkan bendera, masyarakat pun melakukan penanaman pohon di sekitar gunung guna mencegah erosi.

"Kita inginkan semuanya peduli dan tahu bahwa gunung ini adalah peninggalan sejarah yang sangat perlu dilestarikan," paparnya.(Rianto Nudiansyah)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: