MINGGU, 7 AGUSTUS 2016

BREBES --- Kemeriahan menjelang hari kemerdekaan begitu dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari kesibukan warga dalam menghias kampungya dengan berbagai atribut kemerdekaan. Begitu pula yang tampak di sepanjang Jalan H. Tohir Dukuh Bantarmangu RW.05, Desa Paguyangan, Paguyangan Kabupaten Brebes.


Warga di lingkungan RW ini mulai menghias kampungnya dengan memasang bendera Merah Putih, umbul-umbul, lampu hias serta pernak pernik  lainnya.

Dari hiasan atribut kemerdekaan ini, diantaranya beberapa pepohonan di depan rumah dan warung dihias dengan air sepuhan warna-warni yang dikemas di dalam plastik es mambo sehingga pohon-pohon kecil ini beraneka macam warna, Selain itu juga nampak digantungkan antarrumah, dan ada juga patung serta ucapan selamat datang dengan dihiasi lampu kerlap kerlip.

Sepanjang jalan kampung dipenuhi dengan berbagai atribut serta lampu hias sehingga menambah suasana semakin ramai  di malam hari.

“Ini sudah menjadi tradisi menjelang HUT RI, masing –masing rumah dihias dengan berbagai tampilan lampu hias,"sebut tokoh masyarakat setempat, H.Nurokhman kepada jurnalis Cendananews Minggu (7/8/2016).


Disebutkan, selain atribut, di malam 17 Agustus biasanya diadakan acara potong tumpeng sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan, sekaligus menyampaikan doa untuk para pahlawan yang telah gugur.

"Jadi bukan hanya untuk meramaikan saja, yang lebih penting bahwa masyarakat memahami dan mengerti esensi kemerdekaan itu sendiri,“sebutnya.

Sementara itu, Dewi  menuturkan, hanya dengan uang Rp 20 ribu, pepohonan di kampung menjadi meriah sambut kemerdekaan.

“Saya buat dari air yang diberi pewarna apa saja sesuka kita lalu dimasukkan ke plastik es dan diikat pada pohon seperti ini jadi bagus kan, menyambut HUT RI ke-70 tahun ini jadi meriah apalagi kalau pohon yang ada di pinggir jalan dipasang semua,”katanya.
[Yusfi Wawan Sepriyadi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: