SABTU, 20 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Soto adalah makanan khas yang cukup populer di negeri ini. Pada beberapa daerah di Indonesia memiliki soto dengan cita rasa yang berbeda-beda. Sebut saja soto Madura, soto Kudus, soto Bandung, soto Lamongan juga soto Medan. Di Cilacap, Jawa Barat, ada pula makanan jenis ini. 


Secara komposisi soto Cilacap tak jauh berbeda dengan soto Madura, dimana terdapat kol, soun dan daging ayam suwir. Selain itu, soto Cilacap juga tidak menggunakan santan seperti soto Betawi. Hanya saja pada soto Cilacap biasanya menggunakan tauge juga ditaburi kacang tanah.

Mardiono (58), salah seorang penjual soto Cilacap mengaku sudah menjual makanan ini sejak tahun 1978. Hingga kini ia masih mangkal di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

"Dulu saya jual Rp 200 perak, sekarang saya jual satu porsi plus nasi atau lontong Rp10.000," ujar Mardiono kepada Cendana News, Sabtu (20/8/2016).

Ia sampaikan, pembuatan soto Cilacap biasanya menggunakan beberapa bumbu dapur seperti kunyit, bawang putih, bawang merah merica dan kemiri. Aneka bumbu tersebut diulek kemudian ditumis.

"Setelah itu masukan air, garam, gula, bawang daun juga seledri. Makanan ini nikmatnya kalau dimakan panas," katanya.

Menurut Mardiono, jika dimakan dengan kerupuk akan lebih nikmat. Atau bagi yang menyukai pedas bisa ditambakan sambal. Agar terasa segar, boleh ditambahkan jeruk nipis.

Dikatakan, soto Cilacap ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan. Dari pertama ia berjualan belum pernah kesulitan mendapatkan bahan.

"Ini kan semua bumbunya melimpah di Indonesia jadi enggak akan sulit mencari, tinggal ke pasar juga ada," pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: