RABU, 24 AGUSTUS 2016

BALI --- Menteri Pariwisata, Arief Yahya menilai Sanur merupakan benchmark pariwisata berbasis komunitas terbaik di Indonesia dan patut dijadikan tempat belajar bagi daerah lain. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Sanur Village Festival XI, Rabu (24/8/2016).


Menteri membuka festival bersama Staf Khusus Menteri Kopwerasi dan UKM Hermawan Kertajaya, Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Ketua Umum SVF IB, Gde Sidharta Putra dengan membunyikan bedug dan rebana. SVF akan berlangsung hingga Minggu (28/8/2016).

Sebelum seremonial pembukaan festival, Yayasan Pembangunan Sanur sebagai penyelenggara festival meluncurkan informasi digital dalam gengaman tentang rute menikmati Sanur dengan bersepeda yakni  Sanur Cycling Route Aps oleh iDiscovar.

Arief mengatakan, SVF merupakan salah satu disamping benchmark lain yakni Sanur dan Bali. Ia memuji SVF sebagai salah satu festival yang konsisten dalam pelaksanaan dan mampu mengimplementasikan keinginan warga mengeksplorasi potensi  yang dimiliki desa Sanur.

Selain itu dia menegaskan Sanur adalah benchmark dari community based tourism terbaik di Indonesia. Bahkan dalam setiap perjalanan ke berbagai daerah ia selalu mengimbau daerah lain untuk belajar pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan ke Sanur.

Arif juga mengapresiasi tema Tat Twam Asi yang memiliki korelasi pada implementasi kepeulian terhadap pelanggan (customer care) yakni pelayanan prima yang jantungnya adalah rasa empati.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharma Wijaya Mantra lebih awal memberikan pujian SVFmerupakan festival komunitas pertama di Bali. Di samping itu, Sanur yang penuh semangat membangun pariwisata berbasis kemasyarakatan melalui SVF membuktikan adanya komitmen dan kosistensi secara berkelanjutan mempromosikan pariwisata.

Hermawan Kertajaya, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM juga melontarkan apresiasi adanya kemajuan pariwisata dan UKM yang telah dilaksanakan oleh Sanur. Kata dia semua UKM yang terlibat dalam festival ini berangkat dari bawah dan mereka bersatu padu membangun pariwisata. 
[Bobby Andalan]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: