SENIN, 15 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Dewasa ini berjuang tidak melulu memiliki arti melawan penjajah. Banyak hal yang harus diperjuangkan, agar negeri ini tambah indah. Seperti yang dilakukan Sariban (73), dimana ia memperjuangkan Kota Bandung terbebas dari sampah. 


Dengan mengayuh sepeda tua, pria asal Madiun, Jawa Timur ini mendatangi satu persatu tempat di Kota Kembang sembari menyisir sampah yang tampak dari jangkauan matanya. Ia mengaku, hal ini dilakukan karena inisiatif pribadi.

"Karena saya makan di sini (Bandung), buang air di sini, masa saja tidak berterima kasih," ujar Sariban, Senin (15/8/2016).

Ia mengaku, kegiatannya memunggut sampah ini sudah dilakukan sejak tahun 1983 lalu. Menurutnya sampah di Kota Kembang tak pernah habis-habis.

"Saya itu murni bukan karena di suruh atau bagian program pemerintah dan sebagainya. Karena menjalankan perintah agama saja kalau kebersihan itu bagian dari iman," ungkapnya.

Sariban mengaku tidak akan pernah berhenti melakukan kegiatannya ini. Ia berharap apa yang dilakukannya bisa menginspirasi anak muda, terlebih yang asli dari Kota Bandung.

Pria yang sempat bekerja di Rumah Sakit Cicendo, Kota Kembang ini menilai Pemeritah perlu membuat aturan yang tepat sasaran terkait sampah tersebut.

"Saya pernah ke Singapura, di sana bisa bersih. Seharusnya di sini juga bisa lebih dari itu," ucapnya.

Sosok Sariban ini memang tampak selalu riang, dan tak jarang menyapa orang-orang yang ada di hadapannya. Karena itu, pria yang kerap menggunakan baju berwana kuning ini selalu dihampiri warga, ada yang sekedar mengajak berbincang dan ada pula yang mengakak berfoto bersama.

"Banyak yang ngajak foto, tapi ya ayo sama-sama bersihkan sampah saja," pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: