JUMAT, 12 AGUSTUS 2016

LOMBOK --- Serangan hama tikus dan serangga penghisap getah buah padi yang masih mudan mulai serang tanaman padi petani di Lombok, yang mengakibatkan tanaman padi mati dan mengering sebelum berisi.


Sementara hama tikus kebanyakan melakukan pengeratan terhadap batang padi, baik yang masih muda maupun telah berisi, akibatnya banyak batang padi rebah ke tanah dan rusak.

"Musim tanam sekarang, hama banyak menyerang tanaman padi, sehingga hasil panen dipastikan akan mengalami penurunan, karena tanaman padi sebagian petani banyak yang diserang hama" Kata Junaidi, Petani Desa Sukarara, Kabupaten Lombok Tengah, Jum'at (12/8/2016).

Hamdani, petani lain mengungkapkan, biasanya kalau musim tanam padi pada musim kemarau, hama seringkali menyerang tanaman padi,mulai serangga pemakan getah padi sebelum berisi, sampai hama tikus sebagai binatang pengerat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagian petani biasanya selain melakukan penyemprotan obat pestisida, juga melakukan ritual tradisional seperti yang banyak dilakukan orang tua dulu, dengan membuat perapian pada sore hari di sekitar tanaman padi.

"Kalau padi sudah mulai berbuah dan berisi, baru diserang hama, tidak banyak yang bisa dilakukan, selain melakukan panen lebih cepat, meski terkadang sebagian bulir padi masih muda, daripada rugi dan tidak mendapatkan apa - apa" tutupnya.(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: