RABU, 10 AGUSTUS 2016

MALANG --- Selain mempersiapkan lulusan untuk mengisi lowongan kerja di dalam negeri, dengan menggandeng Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Politeknik Negeri Malang (Polinema) kini juga tengah mempersiapkan lulusan-lulusan untuk mengisi tenaga kerja profesional di luar negeri.


"Kami akan dibantu BNP2TKI untuk menyalurkan tenaga kerja dari lulusan Polinema untuk bekerja di luar negeri, karena di luar negeri sana masih sangat butuhkan tenaga-tenaga kerja dari kita,"ungkap Direktur Polinema Ir.Tundung Subali Patma, MT. di Malang, Rabu (10/8/2016).

Ia juga menyebutkan bahwa dirinya sudah bertemu dengan ketua BNP2TKI Nusron Wahid bahkan sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mengenai hal tersebut.

"Saat Nusron Wahid datang kesini, ia senang melihat progres lulusan Polinema yang siap untuk bekerja,"ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa selain keterampilan, untuk bisa bekerja di luar negeri juga dibutuhkan keahlian dalam berbahasa terutama bahasa Inggris. Oleh karena itu, pihak Polinema sering melakukan tes untuk melihat kemampuan berbahasa Inggris dari para mahasiswanya.

"Tes kemampuan berbahasa Inggris biasanya dilakukkan ketika semester satu dan ketika akan lulus dari Polinema. Sehingga akan terlihat apakah pembelajaran bahasa Inggris di Polinema ini berhasil atau tidak,"ujarnya. 

Untuk tahun ini tes bahasa Inggris memang masih diselenggarakan oleh Polinema English Competition Test (PECT), tetapi untuk tahun depan mereka yang sudah mau lulus akan diuji kemampuan bahasa Inggrisnya oleh lembaga bahasa Inggris dari Australia.
[Agus Nurchaliq]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: