JUMAT, 12 AGUSTUS 2016

SOLO --- Inspeksi mendadak (Sidak) Komisi III DPRD Kota Solo di pembungan Pasar Klewer, pasca terbakar, yang dilakukan Jumat siang (12/8/16), tak menemukan sesuatu yang mencurigakan. Pasalnya, sidak yang sebelumnya ingin mempertanyakan perkembangan terkini dan kendala dalam pembangunan ini justru dikagetkan dengan kedatangan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, yang berada di lokasi sidak saat bersamaan.


Ketua Komisi III DPRD Solo Honda Hendarto mengatakan, kedatangan pihaknya ingin memastikan tahapan pembangunan Pasar Klewer kepada pihak pelaksana proyek. Politisi yang notabenenya dari PDI Perjuangan itu serta sejumlah anggota komisi dari sejumlah partai lainnya menjadi sungkan, sebab adanya orang nomor satu di Solo, yang tak juga merupakan Ketua DPC PDIP Solo tersebut.

“Tujuan kami  di sini (Sidak) ingin memastikan PT Adhi Karya selaku pelaksana proyek  sampai sejauh mana perkembangan pembangunan Pasar Klewer. Apakah sudah sesuai dengan tahapannya ataukah ada keterlambatan,” papar Honda kepada awak media.

Hal serupa juga terlihat pada anggota Komisi III lainnya, seperti Wakil Ketua Komisi III, Sugeng Riyanto, Sekretaris Komisi III Maria Sri Sumarni, yang juga mengurungkan niatnya untuk lebih dalam meminta kejelasan pelaksanaan proyek yang menelan anggaran mencapai Rp 86 Milliar tersebut. 


“Pembangunan pasar Klewer pertama kualitasnya sudah bagus, ini tahap kedua apakah juga masih sama ataua justru lebih buruk,” tambahnya.

Komisi III DPR Solo meminta pelaksana proyek dan Pengawas dari Pemkot Solo bersinergi untuk mendukung proyek ini agar segera selesai tepat waktu. Sementara itu, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo  mengaku, kedatangan dirinya ke Pasar Klewer tidak atas permintaan dari Pelaksana Proyek.

“Tidak ada janjian, kalau saya ingin datang ke klewer, ya datang saja untuk melihat perkembangan sampai sejauh mana. Kita selalau cek  agar selesai tepat waktu,” ucap Walikota Solo.

Tak dapat dipungkiri, kedatangan Walikota ditengah sidak membuat Komisi III Solo mengurungkan diri untuk menguak lebih dalam terhadap perkembangan pelaksanaan pembangunan pasar klewer. Komisi III yang sebelumnya ingin lama-lama melakukan pengawasan jalannya proyek, akhirnya hanya berlangsung cukup singkat. (Harun Alrosid).  
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: