MINGGU, 21 AGUSTUS 2016

SUMBAWA - Tiga Kabupaten Menteri pertanian menetapkan tiga dari delapan Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai pusat pengembangan jagung nasional, yakni Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima.


Penetapan tiga Kabupaten tersebut didasarkan pada pertimbangan luas areal lahan tanam dan kondisi tanah yang memang sangat cocok untuk pengembangan jagung nasional

"Pulau Sumbawa lahan pertaniannya masih sangat luas dan belum tergarap secara maksimal, kalau diklola secara maksimal hasilnya bisa akan lebih besar dan itulah kenapa kita tetapkan jadi daerah pengembangan jagung nasional," kata Andi di Sumbawa, Minggu (21/8/2016).

Dikatakan, selain itu, tiga Kabupaten tersebut selama ini memang merupakan daerah penghasil jagung terbesar di NTB dan hampir sebagian besar petani banyak menanam jagung, karena lahan pertanian kebanyakan merupakan lembah dan perbukitan.

"NTB termasuk derah dengan areal lahan pertanian masih luas dan potensi tersebut harus terus dimaksimalkan untuk meningkatkan swasembada pangan nasional,"sebutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin berharap, penetapan NTB sebagai daerah penghasil jagung nasional diharapkan dibarengi dengan pembelian hasil panen jagung petani dengan harga menguntungkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Pembangunan pertanian merupakan cara yg paling tepat dalam mewujudkan keadilan, kesejahtraan dan ketahanan pangan,"katanya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Bupati Sumbawa, Husni Jibril, Bupati Bima, Dinda dan kelompok tani se-Kabupaten Sumbawa.
[Turmuzi]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: