SELASA, 16 AGUSTUS 2016

MAUMERE --- Peningkatan kualitas dan akses pelayanan kesehatan dasar terutama bagi keluarga miskin menyebabkan Pemda Sikka telah mengkonversi kepesertaan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) menjadi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


Saat ini peserta JKN asal Sikka mencapai 270.394 jiwa dari jumlah penduduk kabupaten Sikka sebanyak 312.138 atau 86 persen. Atas kepedulian tersebut, maka Pemda Sikka diganjar penghargaan JKN Award.

Demikian disampaikan Bupati Sikka, Yoseph Ansar Rera, Selasa (16/8/2016) dalam acara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di aula Setda Sikka.

“Penghargaan tersebut kami terima dari pemerintah provinsi dan  pemerintah atas upaya mengalokasikan anggaran untuk iuran kesehatan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu,” sebutnya.

Terkait pelayanan kesehatan di RSUD  TC Hillers kata Ansar, pemerintah tetap memperhatikan dan menambah sarana pemeriksaan kesehatan antara lain Hemodialista (Alat Cuci Darah) yang pada bulan September 2016i direncanakan mulai beroperasi
.
Disamping itu juga lanjutnya,direncanakan akan dilakukan pengadaan alat CT-Scan pada Tahun 2016 ini. Pemda Sikka juga tetap meningkatkan kinerja pelayanan pasien di rumah sakit daerah dr. TC. Hillers Maumere dengan penambahan tenaga dokter ahli kebidanan, penyakit saraf dan penyakit jiwa yang pada umumnya adalah putra daerah.

“Kesehatan adalah sendi dasar kehidupan umat manusia, karena dengan kesehatan yang berkualitas masyarakat akan semakin maju dan berkembang,” ujarnya.

Selain itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan tenaga kesehatan  paparnya, pemerintah telah memberikan tunjangan tambahan penghasilan sebesar 500 ribu rupiah perbulan kepada 200 orang yang dimulai pada tahun 2016.

Dari kegiatan tersebut terdapat beberapa indikator menunjukan pencapaian positif. Angka kematian ibu menjadi 153,16/100.000 KH, kematian bayi menurun dari 14,25/100 KH pada tahun 2014 menjadi 11,87/1000 KH pada tahun 2015.

Sejalan dengan itu pada tanggal 29 Juli 2016 Bupati Sikka mendapat  penghargaan Manggala Karya Kencana oleh Kepala BKKBN Pusat dalam  rangka HARGANAS ke XXIII atas Keberhasilan Pelaksanaan Program Keluarga Berencana.
[Ebed De Rosary]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: