SELASA, 23 AGUSTUS 2016

MALANG --- Dalam rangka untuk mendistribusikan buku bacaan dengan harga terjangkau serta untuk meningkatkan minat baca masyarakat dibperkotaan, sebuah komunitas pemberdayaan anak muda di kota Malang mengadakan Bazar Buku Merdeka. Bazar yang di gelar oleh komunitas Ruang Belajar Aqil (RBA) ini berlangsung selama sepuluh hari 18-27 Agustus 2016 pukul 09.00-19.00 WIB di jalan Cempaka No.1 Kelurahan Lowokwaru kota Malang.


Andha salah satu anggota RBA mengatakan bahwa Bazar buku yang diadakan bertepatan dengan momen peringatan hari kemerdekaan Indonesia ini bertujuan untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat dalam bentuk literasi. Karena menurutnya, minat baca masyarakat perkotaan masih di rasa kurang.

"Oleh karena itu dengan adanya Bazar Merdeka yang baru pertama kali kita adakan ini, kami ingin meningkatkan minat baca masyarakat khususnya masyarakat perkotaan," jelasnya, Selasa (23/8/2016).


Disebutkan pada Bazar Buku Merdeka, pengunjung bisa membeli buku di area bazar untuk kemudian di bawa pulang atau bisa juga mendonasikan buku tersebut untuk RBA di dropbox yang telah disediakan. Pembelian buku juga bisa melalui tunai atau dengan pesanan (order-based). Terdapat lebih dari 200 judul buku yang di jual disini yang merupakan hasil kerjasama dengan penerbit buku UB Press dan toko buku Togamas.

"Rencananya jika bazar ini berjalan dengan sukses, untuk kedepannya kita kemungkinan akan mengadakannya secara reguler setiap satu atau dua bulan sekali," ujar Andha. 


Ia menambahkan, dalam beberapa hari pelaksanaan Bazar Buku Merdeka sudah ada beberapa buku yang laku terjual. Hal tersebut menunjukkan bahwa antusias masyarakat terhadap kegiatan ini cukup bagus, imbuhnya.

Sementara itu, tidak hanya bagi masyarakat, kegiatan bazar ini juga bermanfaat melatih anggota RBA untuk belajar mengelola sebuah acara.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: