SELASA, 16 AGUSTUS 2016

KUBU RAYA --- Lahan gambut di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, terbakar. Lahan gambut kosong ini diketahui seluas kurang lebih lima hektar berada di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.


Mendengar adanya informasi lahan gambut terbakar, pada Selasa 16Agustus 2016, sejumlah personel yang berasal dari Badan Pelaksana (Balak) Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura melaksanakan BKO (Bawah Kendali Operasi) ke Koramil 1207-05/Sungai Raya. Tujuannya untuk melaksanakan pemadaman api. Selain itu, patroli juga dilakukan dalam rangka penanggulangan dan pencegahan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di sekitar wilayah Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

"Tim mendapati titik api di lahan kosong seluas kurang lebih lima hektare yang berada di Desa Limbung hangus terbakar," kata Sertu Par'i dalam pemadaman kebakaran lahan, Selasa (16/8/2016).

Disebutkan juga, Tim penanggulangan bahaya Karhutla ini merupakan tindak lanjut perintah langsung dari Pangdam XII/Tanjungpura. Tujuanya tiada lain untuk melakukan kegiatan memperkuat jajaran Kodim di wilayah Kodam XII/Tanjungpura dalam mencegah dan mengatasi Karhutla.

Lebih jauh ia menjelaskan, patroli pencegahan dan penindakan Karhutla dipusatkan tim di wilayah Desa Limbung dengan pertimbangan, wilayah yang dekat dengan Objek Vital Bandara Supadio.


Siaga Karhutla dan kegiatan patroli ini akan rutin dilaksanakan hingga musim penghujan tiba, karena Karhutla dapat terjadi sewaktu-waktu, mengingat cuaca yang sangat panas di siang hari, dan juga faktor angin yang kencang yang dapat menjadi penyebab  kebakaran dengan mudah membesar dan meluas ke daerah yang belum terbakar bahkan dapat merembet hingga kepemukiman penduduk. [Aceng Mukaram]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: