SENIN, 8 AGUSTUS 2016

BANYUMAS --- Berbagai metode pendidikan terhadap anak sejak usia dini dilakukan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Kelompok Bermain (Kober). Hal tersebut sangat penting demi kehidupan yang berkualitas, mandiri dan berprestasi. 


"Salah satu teknik mengajar bagi anak usia dini yaitu dengan metode bermain, anak akan merasa rileks, tertawa, teriakan, sorakan dan ekspresi wajah yang ceria selalu mengiringi suasana bermain.,“jelas Kepala sekolah POS PAUD Teratai desa Glempang, Kecamatan Pekuncen, Yuni setiowati saat ditemui pada Senin (8/8/2016).

Dijelaskan, anak-anak walaupun kondisinya sakit tetap saja bermain meski terbatas. Misalnya ketika anak sedang tergolek sakit, tentu kita sering melihat mereka membawa mainan di samping tempat tidurnya, yang mudah ia mainkan pada saat saat tertentu.

Selain itu, metode belajar sambil bermain di alam terbuka juga bertujuan agar anak anak bisa menumbuhkan daya kretivitasnya selain itu juga anak anak tidak jenuh.

"Karena pada dasarnya di masa pertumbuhan dimana anak anak suka bermain, mencari, menggali bakatnya, maka dalam sistem belajar kita akan kita dekatkan pada pendekatan belajar sambil bermain“tutur Yuni.


Kebutuhan akan permainan dan bermain sangatlah mutlak bagi perkembangan anak. Lingkungan dan orang dewasa, dalam hal ini orangtua, maupun guru perlu memfasilitasi kebutuhan anak dengan menyediakan berbagai permainan yang dapat mendukung perkembangan anak. 

"Tentu saja permainan dan alat bermainnya tersebut bukanlah suatu yang harus bernilai ekonomi tinggi, tetapi apapun dapat dijadikan alat bermain,”tutup Yuni.
[Yusfi Wawan Sepriyadi]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: