RABU, 17 AGUSTUS 2016

JAKARTA --- Pelaksanaan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jalan Veteran, Jakarta Pusat berlangsung secara khidmat dan tertib. Sementara itu, pelaksanaan upacara dimulai tepat pukul 17:00 WIB dan baru selesai pada sekitar  pukul 17:40 WIB.


Bisa dikatakan pelaksanaan upacara tersebut tidak kalah meriah jika dibandingkan dengan pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT)  ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di tempat yang sama pagi tadi, Rabu (17/8/2016).

Pantauan Cendana News sore ini langsung dari halaman luar kompleks Istana Merdeka Jakarta, tampak terlihat ratusan warga masayarakat Ibukota Jakarta dan sekitarnya tetap bersemangat dan antusias datang hanya untuk melihat seperti apa jalannya rangkaian pelaksanaan upacara penurunan bendera tersebut.

Walupun tidak bisa masuk dan melihat langsung upacara ke dalam kompleks Istana Merdeka, namun mereka bisa melihat jalannya upacara melalui tayangan dari layar raksasa yang sejak tadi pagi telah dipasang persis di depan Istana Negara oleh pihak panitia.

Secara umum pelaksanaan upacara pada tadi pagi dan sore hari ini hampir sama alias tidak bedanya, mungkin yang membedakan salah satunya adalah masalah waktu. Jika pada pelaksanaan upacara tadi pagi berlangsung hampir sekitar 2 jam, pada sore ini hanya berlangsung sekitar hampir 1 jam lamanya.

Kemudian yang membedakan antara pelaksanaan upacara pertama yang diadakan tadi pagi menjelang siang, sinar matahari memang terasa sangat panas dan menyengat. Sedangkan pada pelaksana upacara yang dimulai pada pukul 17:00 WIB, cuaca pada petang hari ini pada umumnya jauh lebih sejuk dan hangat.

"Sejak pagi tadi hingga sore ini masih saya masih berada di sekitar kompleks Istana Merdeka Jakarta, saya tidak sendirian, melainkan bersama teman-teman lainnya, tujuannya cuman satu hanya ingin melihat kemeriahan rangkaian pelaksanaan upacara HUT Kemerdekan, baik pada saat upacara penaikan bendera merah putih maupun upacara penurunan bendera merah putih" katanya kepada Cendana News, Rabu petang (17/8/2016).
[Eko Sulestyono]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: