KAMIS, 18 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Untuk mengurangi kemacetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meluncurkan program 'Jumat Ngangkot' di Jalan L.R.E. Martadinata, Kota Bandung, Kamis (18/8/2016). Demikian setiap hari Jumat para warga diperkenankan membiasakan diri menggunakan kendaraan umum alias Angkutan Kota (Angkot) jika hendak berpergian. 


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Didi Ruswadi menyampaikan gerakan ini mulai dilaksanakan pada Jumat (19/8/2016) besok. Ia berharap program Jumat Ngangkot bisa menjadi solusi ramahnya lalu lintas di Kota Kembang.

"Semangat dari gerakan ini para warga tidak lagi tergantung kepada kendaraan pribadi, kemacetan lalu lintas pun bisa dikurangi. Penurunannya dari 40 menjadi 20 persen dalam waktu 10 tahun terakhir. Kondisi ini yang ingin kita perbaiki," harapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga memiliki tugas memperbaiki pandangan masyarakat terhadap angkot. Dimana kualitas pelayanan penumpang harus ikut diperbaiki. Misalnya saja tidak diperkenankan pengemudi Angkot merokok sambil mengemudi.

"Tidak ada lagi angkot yang ngetem atau menunggu penumpang dan sopir yang ugal-ugalan. Nah kita juga sedang mempersiapkan aplikasi untuk angkot," kata Didi seraya menyebut akan memberikan penghargaan kepada masyarakat yang setia menggunakan Angkot.

Selain itu pihaknya pun akan menggarap sebuah aplikasi bagi masyarakat, guna mengetahui keberadaan angkot terdekat. Menurutnya, hal tersebut dijamin bisa mengefisienkan waktu para penumpang maupun pengemudi Angkot.

"Dan sebaliknya, sopir juga bisa mengetahui penumpang yang sedang menunggu sehingga tidak lagi ngetem-ngetem. Dua tiga bulan ini mudah-mudahan bisa direalisasikan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Koperasi Bandung Tertib (Kobanter) Kota Bandung, Dadang Hamdani mengapresiasi gerakan Jumat Ngangkot ini. 

"Kami siap ikut mengsukseskan agar masyarakat nyaman dan aman ketika menggunakan Angkot,"  pungkas Dadang. (Rianto Nudiansyah)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: