MINGGU, 14 AGUSTUS 2016

BANYUMAS --- Memiliki tempat tinggal yang rapi, bersih dan cantik merupakan impian setiap orang. Usaha menjadikan tempat tinggal agar lebih indah dipandang sekaligus nyaman, untuk memenuhi kebutuhan serta daya tarik masyarakat modern saat ini tentu menjadi celah bisnis yang terbuka lebar.


Saat di temui jurnalis Cendana News di Jl. Raya Karang Gude Km 5 Karanglewas, Kabupaten Banyumas Sabtu (13/8/2016). Narko (39) beserta istrinya Suriah (38) mengakui sudah menjalani usaha Perajin gypsum selam 9 tahun, ini ternyata mampu mengerjakan produknya di sebuah rumah yang justru dia sulap menjadi pabrik. Keuntungan yang dihasilkannya pun cukup besar. Dalam satu bulan, Narko beserta istrinya mampu meraup keuntungan bersih sebesar Rp 8 juta, 

Profil dan list gypsum buatan Suriah (38)  dikerjakan di samping rumahnya  yang dijadikan workshop dan juga digunakan untuk toko memajang hasil cetakannya tersebut. Dibantu sekitar 5 orang karyawan untuk produksi dan 8 orang untuk pemasangan, biasanya untuk proyek tertentu, 


"Ini saja bapak sedang setiap harinya mampu membuat berbagai hiasan dari gypsum sebanyak 50-70 untuk list kecil sedangkan untuk list besar sebanyak 10 buah, Biasanya untuk memproduksi  list gypsum dalam satu harinya 8 sak casting, namun itu tidak bisa menjadi patokan semua tergantung pesanan “ ungkap Suriah.

List gypsum papan dijual dengan harga Rp 7.000 per meter. Sedangkan, tempat ornamen lampu dijual mulai dari harga Rp 45.000, tergantung ukuran dan ketebalannya. Hiasan ini memiliki keunggulan tidak mudah pecah, anti rayap dan api, ringan serta kedap suara.


Proses kerajinan ini sangat mudah dibuat, awalnya bahan adonan gypsum dicampur dengan serat kemudian, di cetak dan dikeringkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, dilepaskan dari cetakannya. untuk mengeringkannya cukup diangin-anginkan saja selama kurang lebih dua hari. Semua dilakukan dengan tangan tanpa alat khusus“ pungkas Suriah.(Yusfi Wawan Sepriyadi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: