KAMIS, 11 AGUSTUS 2016

MATARAM ---  Nusa Tenggara Barat (NTB) selain kaya akan keindahan objek wisata dan bentangan keindahan alam, juga kaya akan seni dan budaya, sebagai warisan nenek moyang yang harus tetap dijaga dan dilestarikan dari kepunahan dan kerusakan.


Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin saat melakukan silaturrahmi dengan masyarakat adat Desa Perigi, Kabupaten Lombok Timur, sekaligus meninjau puluhan rumah ada yang hendak direhabilitasi, Kamis (11/8/2016).

"NTB termasuk Daerah yang kaya akan warisan dan peninggalan seni dan budaya, karena itu untuk memastikan semua warisan budaya tetap ada, maka harus tetap dijaga dan dilestarikan" terang Amin.

Ia menyebutkan, salah satu warisan budaya dari nenek moyang yang harus tetap dijaga dan dipelihara kelestariannya adalah rumah adat tradisional berlantai tanah, bertembokkan bambu yang dirangkai dan beratapkan ilalang.

Dikatakan, keberadaan rumah adat tradisional, selain sebagai warisan budaya, juga bisa menjadi jualan pariwisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan mancanegara.

"Karena itulah, selain menjaga dan melestarikan, keaslian rumah tradisional tersebut harus tetap dipertahankan" ucapnya.

Amin menambahkan, tidak banyak tempat yang memiliki rumah seperti ini. Apapun bentuk rumah dari turun temurun, kita wariskan dan kita pelihara, karena memiliki nilai sejarah.

Sementara itu, Camat Suale, Sukarman menilai kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah atas kondisi masyarakat di Kecamatan Suale.

Usai berdialog dengan masyarakat adat Desa Perigi, Amin bersama tokoh adat dan agama meninjau beberapa bangunan rumah adat yang akan direhab dan berdialog langsung dengan masyarakat terkait kehidupan sehari-hari ibu dan anak-anak masyarakat adat Desa Perigi.(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: