RABU, 17 AGUSTUS 2016

BANDUNG --- Ribuan warga tumplek pada pelaksanaan karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia (RI), di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (17/8/2016). Beberapa dari mereka ambil bagian dalam parade yang memang diikuti oleh bebagai lapisan masyarakat.


Camat Lembang, Endang Hadiat menyampaikan, warga mengapresiasi kegiatan tersebut. Indikasinya terlihat dari jumlah warga yang mengikuti parade maupun yang sekadar menonton.

"Kurang lebih yang ikut karnaval sekita 20 ribu orang, tapi kalau dijumlah sama yang nonton bisa sekitar 50 sampai 60 ribu orang," ujar Endang, Kamis (17/8/2016).

Disebutkan, yang mengikuti parade adalah warga dari 16 desa. Tak hanya itu,  ada pula perwakilan dari instansi pemerintah dan pelajar. Setiap peserta karnaval menunjukan penampilan dengan tema-tema yang unik. Mereka melalui kerumunan warga hingga tak jarang medapatkan sambutan tepuk tangan.

"Tadi ada yang membawa jampana (tandu), kesenian dan kebudayaan asli kita (Jawa Barat) dibangkitkan kembali dalam karnaval ini," pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Lembang, Kompol Widarjo menyampaikan, pihaknya sudah melakukan tindakan agar pelaksanaan karnaval tidak terganggu. Salah satu upayanya yaitu melakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas.

"Kendaraan dari Bandung menuju Lembang dan Subang dialihkan ke Jalan Grand Hotel," ujar Widarjo.

Ia berharap pengguna kendaraan bisa memaklumi dengan macetnya kawasan Lembang. Kemacetan memang tidak bisa dihindari, namun ia meminta masyarakat yang hendak menggunakan akses jalan Lembang bisa memaklumi. Mengingat pelaksanaan karnaval tidak dilaksanakan setiap hari.

"Kalau kami perkirakan, kemacetan baru bisa terurai sore hari setelah peserta karnaval membubarkan diri," pungkasnya.
[Rianto Nudiansyah]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: