MINGGU, 14 AGUSTUS 2016

MANADO --- Bahowo selain terkenal sebagai daerah ekowisata di Manado, karena hutan mangrove yang masih terjaga dengan baik, tenyata juga menyimpan keunikan bagi warganya salah satunya adalah cara warga membakar ikan yang menggunakan loyang.

suasana warga bakar ikan diatas loyang
Seperti yang terpantau oleh Cendana News, tiga warga Bahowo Tongkaina sedang membakar ikan di dalam Loyang yang ditaruh diatas tungku. Menurut Oda, kebiasan ini sudah lama dilakukan warga Bahowo, dan sudah merupakan pekerjaan saat ada acara besar di kampung, apa lagi jika ingin membakar ikan dalam jumlah banyak.

"Kebetulan ada pesta nikah di lorong, dan hari ini hari syukur keluarga, sehingga kami membantu menyiapkan ikan bakar", kata Oda, Marce dan Mince yang di temui Cendana News di Bahowo Sabtu (14/8/2016) kemarin.


Dijelaskan Oda dan Marce, ikan yang di bakar didalam loyang agar tidak hangus dilapisi daun pisang, sehingga ikan yang di bakar matang dan rasanya makin gurih saat dihidangkan.

"Ini bisa dicoba di Manado, kalau tidak ada alat pembakar, bisa menggunakan loyang, selain alami dan tradisional kami jamin ikan yang di bakar terasa lebih gurih", kata Oda dan Marce.(Ishak Kusrant)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: