SENIN, 19 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Sedikitnya 150 kendaraan di Balikpapan mulai dilakukan pemasangan converter kit sesuai dengan program pemerintah tahun ini. 150 kendaraan itu diutamakan kendaraan dinas dan angkutan kota serta taksi.


Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi kota Balikpapan, Sri Sutantinah menjelaskan, mobil dinas yang mendapat prioritas dipasangi converter BBM ke BBG adalah mobil-mobil yang usianya di bawah lima tahun dan sistem pembakarannya sudah menggunakan injeksi.

"Mengapa dibawah lima tahun karena teknologi masih bisa dimodifikasi dan mesinnya sudah menggunakan injeksi, sehingga tak kesulitan dalam melakukan pemasangan converter," katanya Senin, (19/9/2016).

Dikatakannya, untuk kendaraan umum seperti angkutan kota dan taksi Argo dalam tahap sosialisasi. Sosialisasi dilakukan agar pemahaman penggunaaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) dapat dipahami dengan baik.

"Kita tak ingin ada ketakutan dari pengguna kendaraan. Karena BBG ini lebih ramah lingkungan," sambung Tantin.

Menurutnya, pemasangan converter kit ini dilakukan secara bertahap karena dalam pengerjaannya untuk satu kendaraan membutuhkan waktu 3-4 jam.

"Tahun ini kita dapat150 kendaraan, belum tahu tahun depan karena kita juga kan melihat anggaran lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan tiga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Balikpapan yang sudah dibangun, dapat digunakan dengan maksimal.


Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Migas) I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, penggunaan bahan bakar gas untuk kendaraan ini dilakukan secara bertahap, namun tahun depan jumlah kendaraan yang converter kit harus bertambah.

"Iya tahun depan harus lebih banyak lagi kendaraan yang di converter ke BBG. Kalo bisa 500 kendaraan atau lebih," harapnya saat kunjungan kerja ke SPBG Rapak, baru-baru ini.

Dia menambahkan dengan tiga SPBG kendaraan yang sudah converter pasti dapat terlayani dengan baik, sehingga sosialisasi converter kit ini harus lebih dioptimalkan.
[Ferry Cahyanti]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: