KAMIS, 8 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Patung Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) di kota Balikpapan tumbang, setelah 34 tahun kokoh berdiri. Patung yang berada di jalan Jendral Sudirman atau depan kantor Kodam Mulawarman itu diketahui roboh pukul 14.30 WITA.


Asisten III Pemerintah kota Balikpapan, Syaiful Bahri menjelaska,n belum diketahui penyebab tumbangnya patung tersebut.

"Kalau dilihat kondisi tiang, kropos. Apalagi letaknya berada di pinggir pantai. Usianya juga sudah lebih dari 30 tahun," tuturnya saat meninjau lokasi didampingi Kepala Bagian Pemerintahan Zulkifli, Kamis (8/9/2016).

Saat ini kondisi lokasi sudah digaris polisi untuk menghindari masyarakat mendekat lokasi. Rencananya pada Jumat besok (9/9) patung tersebut akan di angkut oleh PU.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) kota, Oemy Fasesly mengatakan patung Monpera yang berjumlah tiga ini memegang parang dan tameng khas Kaltim.

"Patung ini dibangun sejak 1983, kemudian tahun 1994 direnovasi tapi saya nggak tahu berapa biaya pembangunan saat itu," bebernya.

Ia mengharapkan robohnya patung ini tidak mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke destinasi. Karena Monpera salah satu destinasi wisata di Balikpapan yang banyak pengunjungnya.
[Ferry Cahyanti]
Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: