SENIN, 5 SEPTEMBER 2016

MALANG --- Hadirnya Kampung Warna-Warni di Kelurahan Jodipan dan Kampung Tridi di wilayah kelurahan Kesatrian nyatanya mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut. Dengan semakin banyaknya para wisatawan yang datang ke kedua kampung tersebut yang kini sudah menjadi destinasi wisata baru di kota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kini berusaha mendorong warga di kedua wilayah tersebut untuk memanfaatkan rumahnya sebagai tempat penginapan atau Homestay bagi wisatawan.


"Kita akan coba mendorong warga disana untuk memanfatkan rumahnya sebagai tempat penginapan" ujar Wasto, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) usai mengikuti upacara hari Pramuka di Balaikota Malang. 

Imbuhnya, nanti tugas dari Dinas Pariwisata yang akan memberikan pembinaan kepada warga pemilik rumah (homestay) bagaimana cara melayani wisatawan yang datang.

Menurutnya, Pemkot Malang tidak akan membangun tempat baru untuk penginapan tetapi justru akan memanfaatkan rumah warga.

"Kita berharap, agar warga bisa mendapatkan nilai ekonomi dari kondisi kampung wisata dengan cara bersedia menyediakan tempat menginap bagi wisatawan. Kalau kita bangun losmen atau wisma, nantinya yang akan mendapat keuntunggan justru pengusahanya, bukan warganya" paparnya. 

Selain itu, turis biasanya memiliki kecenderungan untuk menyatu dan memahami kultur suatu masyarakat sehingga mereka akan lebih senang bisa tinggal di rumah warga" ungkapnya.

Sementara itu ia juga mengatakan bahwa Pemkot Malang akan mengajak Corporate Social Responsibilty (CSR) untuk membangun sebuah jembatan untuk menghubungkan kedua kampung wisata tersebut.
(Agus Nurchaliq)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: