SABTU, 17 SEPTEMBER 2016

LHOKSEUMAWE --- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lhokseumawe, Aceh, melakukan pengecekan terhadap rumah-rumah warga di daerah setempat. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui dan mengatasi penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).


“Kita melakukan pengecekan terhadap rumah-rumah warga, kita mengecek bak mandi dan tempat-tempat yang kemungkinan bersarangnya nyamuk Aides Aegypty atau nyamuk yang bisa menyebabkan demam berdarah,” ujar Nora, salah seorang petugas dari Dinas Kesehatan Lhokseumawe, kepada Cendana News, Sabtu (17/9/2016).

Nora menambahkan, nyamuk penyebab DBD tersebut bisa bersarang di dalam bak-bak mandi atau tempat penampungan air. Oleh karenanya, pengecekan tersebut dilakukan sekaligus dengan melakukan pembasmian.

“Kalau kita temukan adanya jentik nyamuk Aides Aegypty kita minta pemilik rumah untuk menguras bak mandinya atau untuk membersihkan lingkungan atau tempat-tempat penampungan air yang ada jentik nyamuk sebaiknya segera dibersihkan,” katanya.

Selama ini, katanya selama ini banyak ditemukan kasus akibat penyakit DBD, sejumlah rumah sakit saat ini banyak menangani pasien yang mengalami penyakit DBD. Ia berharap warga mau membersihkan lingkungan dan menerapkan perilaku hidup bersih.

Kegiatan pengecekan tersebut katanya dilakukan di setiap rumah warga yang ada di 4 kecamatan di Lhokseumawe. “Ya ada beberapa tim yang akan mengecek dihampir semua rumah di Lhokseumawe untuk mencegah semakin mewabahnya penyakit DBD,” pungkas Nora.
(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: