KAMIS, 22 SEPTEMBER 2016

BANDUNG --- Meski tak masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016,  namun cabor beladiri Yongmodo ikut dalam pertandingan eksibisi.


Ketua Federasi Yongmodo Indonesia (FYI), Jendral TNI Gatot Nurmantyo membuka eksibisi cabang olah raga Yongmodo, di Dinas Jasmani AD (Disjasad) Baros Kota Cimahi, Kamis (22/9/2016).

Olahraga ini adalah beladiri asal Korea Selatan. Dimana merangkum berbagai jenis beladiri seperti Taekwondo, Judo, Karate dan Jujitsu. Sejak masuk Indonesia tahun 2008 lalu kini Yongmudo menjadi seni beladiri wajib Angkatan Darat.

Gatot mengucapkan terima kasih kepada jajaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), yang sudah memperkenalkan Yongmudo pada PON Jabar ini.

"Yongmudo sudah bisa dipertandingkan di PON 2020 nanti di Papua, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada KONI, "kata Gatot.

Disampaikan, selepas eksebisi ini dirinya akan langsung mengundurkan diri dari jabatan Ketua FYI yang sudah diembannya sejak tahun 2012 lalu. 

"Misi saya mengantarkan Yongmudo masuk PON, dengan ini maka saya akan mengundurkan diri. Sehingga dari sekarang sampai tanggal 25 September mendatang akan diadakan Munas luar biasa untuk memilih ketua baru, "terangnya.

Dia menyatakan, olahraga Yongmudo sudah disosialisasikan kepada masyarakat umum sejak beberapa tahun terakhir ini. Bahkan dalam pembukaan, Yongmudo sudah didemonstrasikan anak-anak SMA.

"Dengan sudah berdiri di 34 Pengprov, berarti olahraga ini sudah memasyarakat meskipun atlet-atletnya didominasi dari kalangan militer, "bebernya.

Sementara pada laga eksibisi ini, Ketua Pelaksana, Brigjen TNI Agus Rohman menuturkan, pertandingan dibagi dalam tiga klasifikasi kelas. Adapun klasifikasi itu yakni kelas perorangan putra serta putri dan kelas beregu putra.

" Kelas perorangan putra terdiri dari kelas di bawah 60 kg sampai dengan di atas 90 kg. Sedangkan untuk kelas perorangan putri di bawah 55 kg sampai dengan 65 kg, "ungkapnya.

Eksebisi olahraga ini diikuti peserta laki-laki sebanyak 215 orang dan perempuan 52 orang serta official. Mereka akan memperebutkan 19 medali emas, 19 perak dan 31 perunggu yang dipertandingkan sejak 22-25 September 2016.
[Rianto Nudiansyah]

Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: