RABU, 14 SEPTEMBER 2016

MATARAM --- Bencana kekeringan, empat Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ditetapkan sebagai daerah dengan status darurat bencana oleh Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD). Penetapan status tersebut berdasarkan kondisi kekeringan di masing-masing Kabupaten sudah sangat mengkhawatirkan.


"Dari sepuluh Kabupaten Kota NTB, empat Kabupaten ditetapkan sebagai daerah dengan status darurat bencana, antara lain, Kabupaten Bima, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur termasuk Kabupaten paling parah kondisinya" kata Kepala Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) NTB, Mohammad Rum di Mataram, Rabu (14/9/2016).

Menurutnya, sementara untuk enam Kabupaten lain,  sampai sekarang masih berstatus siaga bencana dan terus dilakukan pemantauan, terutama di titik yang selama ini menjadi daerah langganan bencana kekeringan.

Ia mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melalukan rapat koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kota, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri, Dinas Sosial dan Dinas PU untuk secara bersama-sama antisipasi masalah bencana kekeringan.

"Meski empat Kabupaten telah ditetapkan dengan status darurat bencanan, tapi sementara ini bencana kekeringan yang berlangsung masih bisa diatasi pemerintah daerah setempat dan belum separah bencana kekeringan seperti tahun lalu" tutupnya.
(Turmuzi)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: