MINGGU, 11 SEPTEMBER 2016

LHOKSEUMAWE --- Dua Pasangan Bakal Calon Walikota Lhokseumawe yang maju dari jalur independen dinyatakan belum memenuhi syarat minimal dukungan. Keduanya adalah pasangan Sofyan dan T. Noval serta Mahyeddin Sa’ad yang berpasangan dengan Nyak Rani.


“Pasangan Sofyan, T. Noval mengajukan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebanyak 7.351 lembar. Berdasarkan hasil verifikasi faktual yang dilakukan, jumlah KTP yang sah hanya 2.984 orang,” ujar Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Lhokseumawe, Syahrir M Daud, kepada Cendana News, Minggu (11/9/2016).

Sementara itu, lanjutnya, total KTP yang sah dari pasangan Mahyeddin Sa’ad dan Nyak Rani hanya sebanyak 989 lembar. Jumlah tersebut dari 6.018 lembar KTP pasangan tersebut yang diserahkan pada saat melakukan pendaftara.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut, katanya kedua pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe tersebut tidak memenuhi syarat dukungan. Untuk Kota Lhokseumawe, kata Syahrir, minimal dukungan untuk pasangan yang maju dari melalui jalur independen wajib mengumpulkan dukungan dalam bentuk KTP minimal sebanyak 5.670 lembar.

Namun, lanjut Syahrir, masih ada kesempatan bagi kedua pasangan tersebut untuk menambah jumlah KTP untuk memenui persyaratan. 

“Masih ada masa untuk melengkapi syarat dukungan dan harus sesuai dengan ketentuan yang telah kita tetapkan,” lanjut Syahrir.

Sementara hasil verifikasi faktual syarat dukungan juga dilakukan KIP Lhokseumawe untuk pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Aceh yang maju melalui jalur independen. Hasilnya menurut KIP jumlah KTP yang sah juga jauh dari jumlah KTP yang diserahkan ke pihaknya.

Pasangan Abdullah Puteh dan Sayed Mustafa mengajukan dukungan di Lhokseumawe sebanyak 10.661 lembar dan yang sahhanya 3.751 lembar. Kemudian pasangan Zakaria Saman dan T Alaidinsyah, dari 7.143 lembar yang diajukan dari Lhokseumawe, yang mendukung dirinya hanya 1.786 orang.

Sementara pasangan Zaini Abdullah dan Nasruddin, dari 5.533 lembar yang diserahkan, berdasarkan hasil verifikasi faktual KIP Lhokseumawe, hanya 2.387 orang yang dinyatakan sah mendukung. 

“Semua hasil verifikasi faktual tersebut akan kita bawa ke Banda Aceh untuk diplenokan kembali di KIP Aceh pada pertengahan September mendatang,” pungkas Syahrir.
(Zulfikar Husein)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: