RABU, 14 SEPTEMBER 2016

BALIKPAPAN --- Pencapaian penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh perbankan umum di kota Balikpapan menunjukkan pencapaian yang cukup baik. Hal itu terlihat dari realisasi penyaluran KUR oleh beberapa bank umum yang besar di kota minyak hingga pertengahan tahun 2016.

kerajinan tangan oleh UKM di Balikpapan
Penyaluran KUR Mikro oleh Bank BRI Cabang Sudirman hingga kini berhasil menyalurkan Rp110 miliar, dari target penyaluran yang ditargetkan sebesar Rp135 miliar dalam tahun 2016. "Dari target yang ditetapkan tersisa Rp25 miliar hingga akhir tahun ini," ungkap Kepala Cabang Bank BRI Sudirman, Balikpapan Bakti Nefiyanto. 

Ia menjelaskan sektor yang dibiayai yakni perdagangan, jasa, pertaniam, dan perikanan. Pangsa paling besar terdapat pada sektor perdagangan. 

"Kami optimis sampai akhir tahun penyaluran KUR mencapai target. BRI Balikpapan punya 18 kantor unit dan 10 unit teras BRI di pasar-pasar dalam area kerja Balikpapan," ujarnya, Rabu (14/9/2016).

Sementara itu, Bank Mandiri Area Balikpapan telah berhasil menyalurkan KUR Mikro hingga 100%, sesuai target penyaluran selama setahun. Area Business Head Mandiri Balikpapan Surya Tedi memproyeksikan penyaluran KUR Mikro hingga akhir tahun mampu melampaui target hingga 20%.

Dijelaskannya, Mandiri membiayai kegiatan usaha di sektor pertanian, perdagangan, perindustrian, jasa dunia usaha, jasa sosial masyarakat, pengangkutan, listrik, konstruksi, gas dan air, serta sektor lainnya. Namun, sektor dominan yang dibiayai adalah pertanian dengan pangsa sebesar 62%.

"Prinsipnya dalam penyaluran KUR tetap berhati-hati, untuk mencegah rasio kredit macet yang kini tercatat masih 0%," pungkas Tedi.
(Ferry Cahyanti)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: