MINGGU, 11 SEPTEMBER 2016

JAKARTA --- Pelaksanaan kegiatan dalam rangka hari bebas dari lalu lintas kendaraan bermotor atau yang dikenal dengan sebutan Car Free Day (CFD) yang diselenggarakan di beberapa ruas jalan-jalan protokol Ibukota Jakarta sepanjang Minggu pagi hingga menjelang siang tersebut tampak terlihat tetap ramai dan meriah.

Suasana Car Free Day di Jakarta
Warga masyarakat yang berasal dari berbagai kawasan Ibukota Jakarta dan sekitarnya berbaur menjadi satu, mereka tampaknya sedang menikmati suasana CFD yang hanya diselenggarakan satu kali dalam seminggu, atau tepatnya pada setiap hari Minggu, mulai pukul 06:00 WIB hingga pukul 11:00 WIB.

Selama kurang lebih sekitar 5 jam, kawasan Jalan Medan Merdeka-Jalan Sudirman hingga Jalan Muhammad Husni Thamrin atau Bundaran Hotel Indonesia (HI) bebas dari segala aktivitas lalu lalang kendaraan bermotor. Semua jenis kendaraan bermotor dilarang masuk atau melintas di sepanjang jalan-jalan yang digunakan Car Free Day.

Sementara itu, meskipun sebagian besar warga ibukota Jakarta lebih memilih berpergian keluar kota terkait dengan liburan panjang Hari Raya Idhul Adha 2016, namun hal tersebut ternyata tidak mempengaruhi minat dan antusias warga masyarakat Jakarta untuk tetap datang dan meramaikan acara Car Free Day.


Pantauan Cendana News langsung dari acara Car Free Day di sepanjang Jalan Muhammad Husni Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu pagi (11/9/2016) tampak terlihat ribuan warga masyarakat "tumplek blek" turun ke jalan menikmati suasana dan pemandangan pada salah satu pusat kawasan bisnis dan perekonomian paling ramai dan paling sibuk di kawasan Jakarta Pusat tersebut.

Warga masyarakat dengan leluasa bisa melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan di acara CFD, antara lain seperti olah raga misalnya jalan-jalan, lari-lari, bersepeda santai bersama sahabat, teman dan keluarga tanpa takut terganggu oleh kebisingan lalu lintas kendaraan bermotor yang biasanya ramai lalu lalang melintas di kawasan tersebut.

"Meskipun sebagian besar warga Ibukota Jakarta memilih berpergian ke luar kota atau mengunjungi tempat-tempat wisata, namun suasana acara Car Free Day tetap ramai dan meriah walaupun memang agak sepi dibandingkan biasanya, salah satunya karena banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) memilih pulang ke kampung halamannya masing-masing berkaitan dengan Lebaran Idhul Adha atau yang dikenal dengan Lebaran Haji" kata Ningrum, seorang pengunjung Car Free Day kepada Cendana News, Minggu pagi (11/9/2016).
(Eko Sulestyono)
Bagikan:

Andhitya Maulana

Berikan Komentar: