KAMIS, 22 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Ratusan relawan  di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dikerahkan untuk membersihkan sungai Siwaluh yang berada di tengah kota. Selain sebagai bentuk antisipasi bencana banjir, direncanakan akan menjadi objek wisata air.


“Potensi sungai Siwaluh untuk wisata air luar biasa, dengan berada di jalur sepanjang 5,4 km dapat dimaksimalkan untuk festival gethek atau tubing adventure. Saat ini yang penting bersih dulu,” ungkap Wakil Bupati, Rohadi Widodo kepada awak media disela kegiatan, Kamis (22/9/2016).

Dijelaskan, sungai merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Sebab, keberadaannya menjadi penyeimbang ekosistem alam, jika tidak dirawat akan menimbulkan bencana. 

“Oleh  karena itu kita menggandeng  seluruh relawan untuk mencintai sungai dengan menjaganya agar tidak menimbulkan bencana,” tekannya.

Selama ini sungai Siwaluh, jika terjadi hujan lebat, sampah rumah tangga dan sampah alam sering kali terseret arus hingga menghambat arus sungai. Sungai yang awalnya kecil dan diperbesar alirannya karena untuk keperluan Pabrik Gula Tasikmadu, selama ini belum ada gerakan untuk membersihkan sungai.

“Akan kita coba untuk membangun tanggul agar bisa untuk wisata.  Kita juga membangun kesadaran masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan dan meningkatkan kebersihan  terhadap alam,” imbuhnya.

Sementara itu,  Kepala BPBD Karanganyar Nugroho menambahkan, untuk bisa menjadi objek wisata pihaknya akan melakukan pendekatan dan kajian. Meski begitu, pihaknya menekankan akan pentingnya peran masyarakat untuk bisa menjaga dan mencintai sungai. 


Selain itu, BPBD juga menyarankan agar adanya trobosan terhadap perencanaan saat membangun rumah yang berada di pinggir sungai. Jika bangunan masyarakat masih membelakangi sungai akan sulit untuk tidak membuang sampah di sungai.

“Ini yang harus dibenahi, kalau bisa pemahaman ini kita ubah. Jika rumah warga menghadap ke sungai, pola buang sampah di sungai ini akan berkurang dan  sungai bersih dapat berpotensi sebagai wisata. Geliatnyawisata ini akan menopang ekonomi warga sekita juga,” pungkasnya.
[Harun Alrosid]

Bagikan:

Cendana News

Berikan Komentar: