JUMAT, 16 SEPTEMBER 2016

SOLO --- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo, Jawa Tengah mengamankan seorang pengemis, glandangan dan orang terlantar (PGOT) yang kondisinya sangat memprihatinkan. Pengemis yang badannya kurus, dan hanya kulit yang membalut tulang itu diamanakan di Pos Lantas di sekitar Sriwedari Solo.

“Saat kita datangi yang bersangkutan tengah tiduran dan lemas tak berdaya. Bersama dengan petugas lain kita bawa untuk mendapatkan perawatan,” ucap Wisnu salah satu petugas Satpol PP Solo, usai membawa gelandangan tersebut, Jumat (16/9/2016).

Kodisi gelandangan yang  mengaku bernama Safar itu, kata Wisnu, sudah tidak sanggup lagi untuk berdiri dan berjalan. Kondisi tubuh yang sudah lemas dan tak bertenaga membuat petugas harus mengangkat hingga naik ke mobil patroli Satpol PP. Temuan glandangan itu tak lain informasi masyarakat yang menyebutkan adanya glandangan yang tengah sakit keras. 

“Awalnya hanya informasi dari warga, saat kita cek ternyata memang benar. Kondisinya sudah benar-benar lemah,” paparnya.

Menurut Wisnu, kondisi fisik yang sangat kurus dan hanya tinggal kulit membalut tulang mengingatkan pada glandangan yang telah ditemukan beberapa tahun lalu. Saat itu, kondisi gelandangan yang tidak diketahui daerah asal itu didiagnosa mengidap penyakit HIV AIDS.

“Itu setelah dilakukan pemeriksaan tim dokter. Untuk yang kita temukan ini ada kesamaan ciri-cirinya. Dugaan awal mengarah ke situ,” ungkap Wisnu.

Meskipun begitu, pihaknya tidak ingin berspekulasi dan menyerahkan gelandangan itu kepada pihak rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan kesehatan. 

“Untuk lebih jelasnya menunggu pemeriksaan terlebih dulu. Yang jelas kondisinya saat ini sudah sangat lemah dan harus mendapatkan perawatan,” pungkasnya.
[Harun Alrosid]
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar: